Sukses

Parenting

4 Manfaat Memelihara Hewan untuk Psikologis Buah Hati

Fimela.com, Jakarta Apakah si kecil suka memelihara hewan Mom? Jika iya, tidak ada salahnya untuk mengizinkan si kecil memelihara hewan peliharaan di rumah. Mengutip dari laman parents.com, memelihara hewan peliharaan di rumah ternyata memiliki segudang manfaat. Manfaat ini tak hanya dirasakan oleh orang dewasa, tetapi juga dirasakan oleh anak atau buah hati. 

Tak sekedar sebagai teman bermain atau sahabat untuk buah hati, kehadiran hewan peliharaan dirumah berperan besar dalam pembentukan karakternya. Ada beberapa manfaat psikologis yang terjadi pada anak, dengan memelihara hewan. Apa saja manfaatnya? Simak yang berikut ini.

Melatih Tanggung Jawab

Disadari atau tidak, memelihara hewan di rumah akan melatih buah hati untuk lebih bertanggung jawab dan bersikap hati-hati. Aktivitas merawat dan melindungi hewan peliharaannya, akan menumbuhkan rasa tanggung jawab anak terhadap hewan tersebut. Pelan tapi pasti, ini juga akan menumbuhkan dan melatih tanggung jawabnya pada hal-hal lain di sekitarnya.

Menumbuhkan Kasih Sayang dan Cinta di Hati Anak

Memelihara hewan juga akan menumbuhkan kasih sayang serta cinta di hati anak. Anak-anak yang terbiasa dekat dengan hewan peliharaannya, ia akan mengasihi, menyayangi dan mencintai hewan tersebut dengan baik. Hal ini akan membantunya menumbuhkan kasih sayang dan cinta ke orang-orang lain di sekitarnya. Anak berpotensi memiliki karakter yang lemah, lembut dan sabar. 

Meningkatkan Rasa Percaya Diri dan Kemandirian

Anak yang memilihara hewan peliharaan, anak memiliki rasa percaya diri yang lebih baik. Mereka juga memiliki kemandirian yang mengesankan. Aktivitasnya bersama hewan peliharaan setiap hari, membuatnya tumbuh dan berkembang menjadi anak yang ceria, bahagia dan penuh cinta. Inilah yang kemudian meningkatkan rasa percaya diri, kemandirian serta kasih sayang anak.

Menurunkan Risiko Stres

Tak hanya pada orang dewasa, pada anak-anak, memelihara hewan juga bermanfaat menurunkan risiko stres dalam dirinya. Anak-anak yang memiliki hewan peliharaan, anak lebih bahagia dan ceria. Ia juga seolah memiliki teman serta sahabat terbaik yang selalu mendukungnya. Perasaan-perasaan yang seperti inilah yang kemudian menurunkan risiko stres pada anak. 

Well Mom, jangan ragu untuk memberi izin anak yang ingin memelihara hewan di rumah. Tetap dampingi ia agar hewan yang dipelihara merasa nyaman, buah hatipun makin senang. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading