Sukses

Parenting

6 Ciri-Ciri Anak Sehat dan Cerdas, Punya Banyak Kelebihan Unik

Fimela.com, Jakarta Memiliki anak yang sehat adalah sebuah hal yang patut disyukuri, apalagi jika ditambah dengan cerdas. Anak-anak yang sehat dan cerdas seringkali menunjukkan ciri atau tanda yang spesifik. Moms perlu melihat keseharian anak untuk mengetahuinya dengan jelas. Ini yang menjadi ciri-ciri anak sehat dan cerdas.

1. Bergerak aktif dan lincah

Pertanda pertama anak sehat dan cerdas adalah ketika ia suka bergerak aktif, tak suka berdiam diri, terlihat selalu ceria dan lincah. Anak yang lincah dan penuh semangat menandakan bahwa tubuhnya mendapatkan gizi atau nutrisi yang cukup sehingga terlihat berenergi. Umumnya anak yang sehat antusias sekali ingin menghabiskan waktunya untuk bermain dan bergerak, dan anak yang aktif bergerak biasanya otaknya lebih cerdas dibanding yang pendiam karena mengalami banyak stimulasi yang mendukung otaknya berkembang.

2. Mudah mengingat sesuatu

Anak yang sehat dan cerdas juga mudah mengingat sesuatu karena kinerja otak anak paling optimal ketika ia dalam kondisi tubuh sehat dan mendapatkan cukup nutrisi dari makanan sehari-hari. Anak-anak yang mudah mengingats esuatu juga menandakan bahwa ia memiliki otak yang bekerja dengan baik bahkan kemampuan memori atau daya ingat yang kuat. Ini tanda awal kecerdasan otak tingkat tinggi, karena anak-anak pada umumnya butuh waktu untuk mengingat sesuatu.

3. Tubuhnya tumbuh tinggi

Ciri anak sehat dan cerdas lainnya adalah tubuhnya tumbuh tinggi dengan berat badan ideal. Bahkan ini dapat dibuktikan secara ilmiah. Riset yang dilakukan di Priceton University menemukan bahwa anak dengan tubuh tinggi menghasilkan tes kongnitif lebih baik bahkan sebelum sekolah terstruktur dimulai. Saat sekolah, ia cenderung memiliki pencapaian akademik yang lebih baik dan mampu bersaing dalam pelajaran.

4. Cepat belajar

Tanda umum anak sehat dan cerdas adalah cepat belajar. Nutrisi dari makanan akan secara alami disalurkan ke seluruh tubuh termasuk otak untuk digunakan berpikir dan menjalankan nalar. Jika anak belajar dengan cepat, ini menunjukkan bahwa dia mendapatkan nutrisi yang cukup untuk perkembangan otaknya. Ketika otaknya berkembang dengan baik, maka itu tanda ia dalam kondisi sehat optimal.

5. Sangat fokus atau mudah konsentrasi

Jika anak mudah sekali tertarik pada sesuatu kemudian mampu memfokuskan perhatian dan konsentrasinya pada satu hal saja, itu pertanda ia memiliki otak cerdas dan sehat. Anak-anak hanya akan tenang jika mendapatkan asupan makanan yang cukup dan bergizi tinggi. Gizi ini akan digunakan untuk perkembangan otak dan menjaga emosi tetap stabil. Umumnya anak memiliki rentang perhatian atau konsentrasi yang pendek, tapi seorang anak berbakat mampu menetapkan fokus untuk jangka waktu yang lebih lama.

6. Banyak bertanya

Pertanyaan anak-anak seringkali unik dan aneh bagi orang dewasa, tapi jika kamu menyadari bahwa anak suka sekali bicara dan bertanya tentang apa pun di sekitarnya, itu menunjukkan kesehatan dan kecerdasan berpikir. Anak-anak yang sedang sakit tidak akan punya waktu untuk bertanya sesuatu karena energinya digunakan untuk merasakan tubuh yang sakit, misalnya ia akan terlihat lemas bahkan rewel. Jika anak dalam kondisi sehat, otaknya akan bekerja dengan lebih baik. Dan anak yang punya rasa penasaran atau keingintahuan besar selalu lebih cerdas dibandingkan teman-temannya.

Jadi jika anak menunjukkan semua pertanda di atas, yakinlah bahwa anak sedang dalam kondisi sehat dan cerdas ya, Moms.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading