Sukses

Parenting

8 Ciri Anak Introver yang Tampak Pendiam tapi Bisa Sangat Kreatif

Fimela.com, Jakarta Mengetahui temperamen anak bisa membantu kita sebagai orangtua untuk memberi pengarahan yang lebih tepat agar ia bisa tumbuh cerdas dan berkembang menjadi pribadi yang nyaman serta penuh rasa percaya diri. Secara umum, temperamen individu bisa dibagi dua, yaitu introver (innie) dan ekstrover (outie). Kali ini, kita akan membahas ciri-ciri anak introver dilihat dari caranya berinteraksi dan berkomunikasi dalam kesehariannya.

Mengutip buku The Introvert Advantage, introversi adalah sifat membangun dan kreatif yang ditemukan di banyak tokoh pemikir yang telah banyak berkontribusi untuk memperkaya dunia. Secara umum, kaum introver menikmati percakapan satu lawan satu, akan tetapi kegiatan dalam kelompok dapat menjadi stimulus yang terlalu besar dan akan menyedot energi mereka. Kaum introver pun punya keahlian sosial, mereka menyukai orang-orang, dan mereka menikmati beberapa tipe kegiatan sosial, hanya saja obrolan dalam sebuah pesta bisa menghabiskan energi kaum introver.

 

Ciri-Ciri Anak Introver

Seorang anak yang lebih condong ke arah introver memiliki sejumlah ciri, antara lain:

1. Mengamati dan mendengarkan sebelum bergabung ke dalam suatu aktivitas.

2. Menaruh fokus yang mendalam terhadap subjek yang mereka sukai.

3. Menikmati suasana kesendirian di dalam kamarnya. Mereka merasa tersegarkan dengan introspeksi diri.

4. Hanya bicara setelah berpikir dalam-dalam.

5. Sangat menghargai ruang pribadi dan tidak suka jika ada seseorang yang duduk terlalu dekat dengannya, atau masuk ke kamar mereka tanpa mengetuk pintu terlebih dahulu.

6. Menjunjung tinggi privasi, dan untuk mengetahui perasaan serta apa yang mereka pikiran, kita harus bertanya terlebih dahulu.

7. Membutuhkan pembuktian; mungkin memiliki keraguan atas diri mereka sendiri yang tidak rasional.

8. Banyak bicara hanya bila topiknya menarik bagi mereka, atau jika mereka nyaman dengan orang-orang yang mereka ajak bicara.

Itu tadi delapan ciri umum seorang innie. Anak-anak introver bisa jadi tidak tampak seperti yang seharusnya, tetapi punya kelebihan istimewa sendiri. Anak introver bisa berpikir dan merasakan sesuatu lebih daripada apa yang mereka tunjukkan pada dunia luar.

Semoga informasi ini bisa menjadi tambahan informasi yang bermanfaat dalam memahami buah hati tercinta, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading