Sukses

Parenting

Strategi Parenting yang Bisa Bantu Anak Lebih Terbuka, Kreatif, dan Mandiri

Fimela.com, Jakarta Menjadi orangtua bukanlah tugas yang mudah, terlebih bagi orangtua yang baru pertama kali mengasuh anak. Ada banyak hal yang harus dipelajari, dipahami, dan dipraktikkan untuk mendidik anak yang baik dan benar.

Bagi sebagian orangtua, mendidik anak sering kali dianggap sebagai hal yang sulit karena anak-anak memiliki pemikiran yang berbeda. Oleh karena itu, pentingnya mengetahui tips parenting yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tips parenting yang disukai anak dan bisa membantu kamu mendidik anak dengan cara yang lebih efektif:

1. Bermain bersama anak

Dilansir dari Parenting First Cry, bermain bersama anak merupakan salah satu cara terbaik untuk membangun hubungan yang erat antara anak dengan orangtua. Selain itu, bermain juga dapat membantu anak mengembangkan keterampilan motorik dan kognitifnya. Cobalah bermain dengan berbagai jenis mainan dan permainan yang dapat merangsang imajinasi anak atau bisa juga mengajak anak untuk bermain di luar rumah dan mengenalkan si kecil tentang alam.

2. Membaca buku bersama anak

Membaca buku bersama anak merupakan kegiatan yang sangat disukai oleh anak. Selain itu, membaca juga dapat membantu anak mengembangkan kemampuan bahasa dan membantu meningkatkan kreativitas anak. Kamu bisa memilih buku yang sesuai dengan usia anak dan cerita yang menarik sehingga anak dapat mengembangkan minat membaca sejak dini.

3. Sering berbicara dengan anak

Dilansir dari Kids Health, sering berbicara dengan anak merupakan cara yang sangat penting dalam mendidik anak. Cara sederhana berbicara dengan anak yakni kamu bisa bisa menanyakan atau membicarakan kegiatan sehari-harinya. Selain itu, kamu bisa memberikan informasi tentang hal-hal yang menarik dengan si kecil. Dengan cara ini, anak akan merasa dihargai dan diperhatikan oleh orangtuanya.

4. Memberikan pujian

Memberikan pujian yang positif merupakan hal yang disukai oleh anak dan dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri anak. Ketika anak mencapai prestasi atau membuat karya, kamu hanya perlu memberikan pujian atas usaha dan prestasi yang dicapai anak. Dengan cara ini, anak akan merasa lebih termotivasi untuk belajar dan mencoba hal-hal baru.

5. Menggunakan metode disiplin yang baik

Metode disiplin yang baik dapat membantu anak memahami konsekuensi dari tindakan yang dilakukan. Hindari menggunakan metode disiplin yang keras dan mengancam fisik anak.

Ada banyak metode disiplin yang positif yang dapat kamu terapkan dengan si kecil seperti,memberikan hukuman yang sesuai dengan kesalahan anak. Contohnya, dengan tidak memberikan hadiah yang telah dijanjikan atau memberikan waktu istirahat.

6. Mengajak anak berpartisipasi dalam kegiatan rumah tangga

Mengajak anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan rumah tangga dapat membantu mengembangkan rasa tanggung jawab dan kerja sama. Kamu bisa memberikan tugas kecil yang sesuai dengan usia anak seperti membersihkan meja makan atau membantu mencuci piring.

7. Menjaga keseimbangan antara kegiatan belajar dan bermain

Keseimbangan antara kegiatan belajar dan bermain sangat penting dalam mendidik anak. Terlalu banyak fokus pada kegiatan belajar dapat membuat anak mudah bosan dan tidak termotivasi untuk belajar. Oleh karena itu, menjaga keseimbangan antara kegiatan belajar dan bermain sangat penting agar anak tidak merasa bosan.

8. Memberikan contoh yang baik

Orangtua merupakan sosok yang menjadi teladan bagi anak. Oleh karena itu, setiap orangtua wajib memberikan contoh yang baik agar anak dapat menirunya. Kamu bisa memberikan contoh tentang bagaimana cara bersikap yang baik, berbicara dengan baik, dan berinteraksi dengan orang lain dengan baik dan sopan.

9. Menghargai pendapat anak

Menghargai pendapat anak dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri anak dan membuat anak merasa dihargai. Memberikan kesempatan pada anak untuk berbicara dan mendengarkan pendapat anak dapat membantu kamu memahami apa yang dibutuhkan anak. Tak hanya itu, menghargai pendapat anak juga dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan anak.

Demikian tips parenting yang disukai anak bahkan bisa membuat anak lebih terbuka, kreatif, dan mandiri. Dengan mengikuti tips parenting di atas, kamu dapat membantu anak belajar dengan cara yang lebih efektif dan menyenangkan, lho. Namun, penting untuk diingat bahwa setiap anak memiliki kepribadian dan minat yang berbeda, sehingga kamu perlu mencari cara yang sesuai dengan karakter si kecil.

 

*Penulis: Amelia Septika.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading