Sukses

Parenting

5 Tanda Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Sudah Berkembang

Fimela.com, Jakarta Anak-anak sebenarnya sudah bisa menunjukkan seberapa baik kecerdasan otak, emosional dan spiritualnya. Beberapa anak memang tampak lebih menonjol dibandingkan anak lainnya, dan itu bisa kita lihat dari tanda-tanda kebiasaan sehari-hari yang ditunjukkan anak. Ini sekian tanda kecerdasan spiritual anak usia dini sudah berkembang.

1. Kepekaan terhadap lingkungan

Anak-anak dengan kecerdasan spiritual akan secara alami mudah terkait dengan alam, sehingga ada kemungkinan besar ia memiliki kepekaan lebih terhadap lingkungan, seperti menyukai dan menyayangi bunga dan tanaman, memerhatikan hewan-hewan kecil di taman atau kebun, sadar untuk menjaga kebersihan lingkungan dan menikmati waktunya sendirian mengeksplorasi apa pun yang ada di sekitarnya. Ia memiliki hati nurani yang murni sehingga lebih dekat dengan alam.

2. Pemikiran imajinatif dan kreatif

Anak-anak yang cerdas spiritual akan lebih sering dan lebih mudah berpikir menggunakan otak kanannya. Ia akan sering berimajinasi, memiliki banyak ide, kreatif dan berpikiran out of the box. Awalnya mungkin ini terasa membingungkan bagi orangtua, namun imajinasinya mengenai sesuatu sebaiknya tidak dibantah atau disangkal karena itu bisa membuat anak tidak percaya diri, tidak memercayai pikirannya sendiri dan bahkan mematikan kreativitas anak sejak dini.

3. Mudah terganggu di tempat bising

Anak-anak yang memiliki kecerdasan spiritual lebih menyukai tempat-tempat yang tenang di mana ia bisa konsentrasi atau fokus pada hal-hal sederhana di sekitarnya. Ia tipe anak yang tidak merasa nyaman berada di keramaian atau tempat bising dalam waktu lama. Itu membuatnya terganggu, takut, marah dan bahkan menangis. Ia mungkin akan lebih sering menghabiskan waktu sendiri karena merasa nyaman saat sendirian.

4. Terikat secara emosional dengan hewan peliharaan

Anak-anak pada umumnya menyukai hewan peliharaan, namun anak dengan kecerdasan spiritual lebih nyaman bercengkrama dan ditemani hewan peliharaan ketimbang teman-teman manusia pada umumnya. Bisa jadi ia memiliki kecenderungan introvert, namun pada dasarnya ini adalah soal kasih sayang, kepercayaan dan kenyamanan serta ikatan yang dibangun anak bersama hewan peliharaannya.

5. Kesadaran diri yang baik

Anak-anak dengan kecerdasan spiritual umumnya open-minded atau berpikiran terbuka, bersikap fleksibel, tidak mudah menghakimi orang lain, dan memiliki kesadaran diri yang tinggi. Misalnya ketika ia mengakui kesalahan ketika bersalah, meminta maaf dengan tulus, atau tidak suka menyombongkan diri. Anak-anak seperti ini juga tipe yang berani menghadapi masalah, memahami tanggung jawab, suka mengikuti kegiatan sosial dan menjaga kebersihan lingkungan.

Coba cek apakah anak memiliki tanda kecerdasan di atas, jika iya, bisa jadi anak memiliki kecerdasan spiritual yang sudah berkembang dengan baik sejak usia dini.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading