Sukses

Parenting

5 Tanda Bayi Cerdas yang Penting Orangtua Ketahui

Fimela.com, Jakarta Memiliki buah hati yang cerdas tentu menjadi kebahagiaan tersendiri buat setiap orangtua. Dan menariknya lagi nih Mom, kecerdasan buah hati bisa dilihat sejak usianya masih sedini mungkin. Bahkan, saat buah hati masih bayi, kecerdasan itu sudah nampak. 

Mengutip dari laman parents.com, ada banyak hal yang memengaruhi kecerdasan anak. Hal tersebut mulai dari gen, nutrisi harian anak, lingkungan dan stimulasi yang ia dapat seiring berjalannya tumbuh kembangnya. Namun, bagaimana orangtua tahu akan kecerdasan anak ini? Mungkinkan orangtua bisa menebak atau melihat potensi dari kecerdasan yang dimiliki anak? 

Melansir dari mayoclinic.org, kasih sayang orangtua dan ketulusannya juga berperan pada kecerdasan anak. Robert G. Voigth, M.D, seorang dokter perkembangan anak di Rochester, Minnesota mengungkapkan, “Mengasihi dan mengasuh bayi sangat berpengaruh pada kecerdasannya. Peran orangtua sangat penting untuk kecerdasan bayi secara optimal ke depan.” Menurut Robert, ada beberapa tanda jika bayi memiliki kecerdasan yang optimal. Adapun tanda tersebut antara lain sebagai berikut:

Memiliki Kemampuan Bahasa yang Baik

Tanda pertama jika bayi Mom memiliki kecerdasan optimal adalah, ia memiliki kemampuan bahasa yang baik. Ia juga terampil dalam berkomunikasi serta menyampaikan informasi kepada sekitar. Studi menemukan jika bayi yang cerdas, biasanya memiliki ketertarikan pada buku cerita sejak usianya di bawah 1 tahun. Ia pun cepat tanggap dan memahami apa yang orang lain katakan padanya di usia bawah 2 tahun.

Memiliki Emosi yang Kuat

Bayi yang cerdas juga ditandai dengan emosinya yang kuat. Ia memiliki perasaan yang sensitif terhadap beragam perasaan di sekitarnya. Bayi ini bisa merasakan emosi positif pun negatif dari sekitarnya. Ia bisa merasakan kabahagiaan dan kesedihan yang ada di sekitarnya. Ia pun rentan merasakan apa yang dirasakan orang lain terutama apa yang dirasakan oleh ibunya.

Fokus

Tanda bayi cerdas selanjutnya yakni bayi fokus. Bayi yang berpotensi menjadi anak cerdas, memiliki fokus yang baik. Ia menunjukkan minat yang tinggi pada sesuatu yang disukainya. Ia juga teliti, terampil dan memperhatikan dengan baik apapun di sekitarnya. Ia juga bisa melakukan kontak mata dengan orang lain. Ia bahkan mudah bersosialisasi dengan sekitar dengan tetap waspada.

Punya Ingatan Kuat

Bayi yang cerdas juga ditandai dengan ingatannya yang kuat. Bayi ini bisa mengingat banyak hal dengan baik. Ia mengingat apa yang diajarkan padanya. Ia juga ingat di mana letak mainan favoritnya, camilan kesukaannya atau orang yang pernah bertemu dengannya sebelumnya.

Memiliki Milestone Lebih Cepat dari Anak Seusianya

Apakah Mom menemukan buah hati mencapai milestone lebih cepat dari anak seusianya? Jika iya, besar kemungkinan ia memiliki potensi kecerdasan yang mengesankan. Studi menemukan jika anak yang bisa mencapai milestone lebih cepat dari anak-anak lainnya, ini menandakan ia memiliki kemampuan lebih baik dari anak lainnya. Ia memiliki kecerdasan otak yang mengesankan. 

Itulah sekian tanda bayi cerdas yang penting untuk orangtua ketahui. Selain tanda di atas, anak yang lebih suka menyendiri, jarang tidur, dan bisa memecahkan masalah dengan baik, itu juga menandakan ia cerdas. Tak hanya itu saja, beberapa kecerdasan anak, justru ditandai dengan sikapnya yang terkadang dianggap nakal atau bikin kesal oleh orangtua. Misalnya, susah makan, sulit tidur siang, pilih-pilih makanan, banyak bertanya dan suka menggoda orangtua. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading