Sukses

Parenting

Cara Pakai Gendongan Bayi Instan Model Ring Sling

Fimela.com, Jakarta Menggendong anak memiliki banyak manfaat, mulai dari menengkanya, si kecil merasan aman dan nyaman didekapan ibu. Apalagi ketika rewel, menggendong menjadi cara yang ampuh untuk membuatnya lebih tenang. 

Manfaat lainnya ialah membuat bonding antar ibu dan anak hingga memaksimalkan skin to skin. Ada banyak cara untuk menggendong si kecil, mulai dari cara tradisional seperti mengenakan kain jarik hingga kini gendong instan yang lebih praktis dan aman. 

Terdapat beragam jenis gendongan instan, salah satunya gendongan baby sling atau ring sling. Gendongan ini diminati karena lebih praktis yang bisa digunakan untuk usia bayi berapa pun. Lalu bagaimana cara menggunakannya? Melansir mooimom.id, berikut penjelasannya.

Cara menggendong

Gendongan baby sling lebih praktis karena  hanya membuat simpul pada ring yang ada di ujung gendongan untuk mengukur dan mempererat sesuai tubuh si kecil. 

1. Taruh ujung yang ada ring dibagian bahu pinggir dada

2. Ambil satu ujung kain lainnya yang paling luar

3. Masukkan ke dalam ring ke atas lalu masukkan ke ring bawahnya bertahap.

4. Rapikan dan lebarkan kain di ring

5. Masukkan si kecil ke dalam kain dari sisi atas ataupun dari sisi bawah (dengan kain longgar tentunya). 

6. Posisikan dudukan anak pada kain bagian bawah dan nanti dengan gendongan baby sling atau ring sling ini anak akan berposisi m shape dan c shape otomatis.

7. Tarik ke atas kain yang berada di punggunmg si kecil

8. Kencangkan satu-satu bagian hingga mendekap sempurna 9. Pastikan anak nyaman ya

Tips menggedong sesuai usia

Melansir prenagen.com, jika si kecil berusia 0 hingga 3 bulan. Bungkukanlah badan ibu kearah bayi yang sedang telentang. Kemudian sisipkanlah satu tangan ibu kebagian belakang kepala, terutama bagian leher lalu gunakan tangan yang satunya untuk menopang bagian punggung serta bokong sang anak.

Lalu usia sekitar 3 hingga 6 bulan bayi lebih senang digendong pada posisi duduk menghadap kedepan. Memasuki usia 5 dan 6 bulan, menggunakan kain gendong guna menopang tubuh sang anak. Apabila mengenai posisi gendongan, dapat mempertimbangkan untuk menggendong pada posisi depan bagian perut.

Diatas 6 bulan tulang dan otot sang bayi yang semakin baik, dan sudah tenang mengenai resiko cedera. Saat menggendong anak usia 6 bulan keatas adalah mengenai posisi paling nyaman sesuai preferensi bayi. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading