Sukses

Parenting

8 Tanda Anak Memiliki Karakter Introvert yang Penting Diketahui

Fimela.com, Jakarta Apa itu karakter introvert? Mungkinkah karakter ini bisa terlihat pada diri seseorang sejak ia berusia anak-anak? Mengutip dari laman healthline.com, introvert adalah karakter seseorang yang suka menyendiri dan merenung. Orang yang introvert tidak suka berada di lingkungan yang ramai. Mereka lebih suka menghabiskan waktunya sendiri agar bisa mendapat energi kembali. 

Pada anak-anak, mereka yang cenderung memiliki sikap ini lebih suka bermain sendiri, merasa tidak nyaman saat bermain dengan teman-temannya, sering melamun hingga mudah lelah saat bersosialisasi dengan banyak orang. Anak-anak yang berpotensi memiliki sikap ini, lebih suka menghabiskan waktunya dengan membaca buku, menekuni hobi atau duduk menyendiri tanpa melakukan apapun. 

Apa saja tanda dari anak yang memiliki karakter introvert? Simak yang berikut ini.

Lebih Suka Menyendiri

Anak introvert ditandai dengan sikapnya yang suka menyendiri. Mereka lebih suka berada di kamar atau di dalam rumah. Bagi anak-anak dengan karakter introvert, bermain tak harus melibatkan banyak orang atau teman. Membaca buku, menggambar, menulis hingga bermain game sendirian bisa membuat mereka bahagia. 

Memiliki Sedikit Teman

Umumnya, anak dengan karakter introvert hanya memiliki sedikit teman. Meski di sekolah atau di lingkungan rumahnya ada banyak anak-anak seusianya, ia hanya memiliki beberapa teman saja. Anak ini akan berteman dengan anak lain yang dianggap paling klik dan membuatnya nyaman.

Merasa Lelah Setelah Bersosialisasi dengan Banyak Orang

Anak introvert rentan merasa lelah setelah bersosialisasi dengan banyak orang. Kehadiran banyak teman atau berkumpul dengan banyak orang di keramaian, membuat anak introvert terganggu. Ini juga membuatnya sangat lelah. 

Suka Melamun

Dalam banyak kasus, anak introvert ditandai dengan sikapnya yang suka melamun. Anak-anak ini biasanya akan membiarkan pikirannya tidak fokus dan membayangkan banyak hal. Mereka juga sangat tertutup. Saat ada masalah melanda, ia hanya memikirkan masalah tersebut seorang diri. Ia akan berpikir panjang untuk berbagi cerita atau masalah dengan orang lain, bahkan dengan orangtuanya sendiri. 

Mandiri

Anak yang introvert biasanya juga sangat mandiri. Ia lebih menyukai mengerjakan berbagai hal seorang diri. Ia suka belajar sendiri, menyelesaikan masalah sendiri bahkan menghibur dirinya sendiri. Anak ini terkadang terlalu mandiri dan seakan tak memerlukan kehadiran orang lain dalam hidupnya. 

Suka Belajar dengan Cara Mengamati

Studi menemukan jika anak introvert lebih suka belajar sesuatu dengan mengamati orang lain. Daripada terjun lansung atau bertanya langsung ke orang lain akan sesuatu yang ia belum bisa melakukan, ia akan mengamati orang lain. Dari pengamatan ini, mereka kemudian mencoba meniru dan mengerjakan sesuatu seperti yang orang lain lakukan.

Lebih Suka Menghindari Konflik

Anak dengan karakter introvert juga lebih suka menghindari konflik. Anak ini umumnya memiliki kepekaan tinggi terhadap kritik negatif. Sebisa mungkin, ia akan menghindari segala konflik yang ada. Tak jarang, mereka akan mengalah dari orang lain guna terhindar dari konflik.

Tidak Suka Menjadi Pusat Perhatian

Anak dengan karakter introvert juga tidak tertarik menjadi pusat perhatian. Mereka lebih senang jika orang lain tak banyak tahu tentangnya. Ia justru akan merasa malu dan kurang nyaman ketika terlihat lebih unggul dibandingkan teman-temannya yang lain. 

Itulah sekian tanda anak introvert yang perlu orangtua ketahui. Dari sekian banyak tanda di atas, adakah salah satu tandanya di buah hati Mom? Semoga informasi ini bermanfaat. Dan mari sama-sama dampingi anak-anak kita dengan baik, apapun karakternya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading