Sukses

Parenting

10 Tips Makanan Sehat Penambah Berat Badan Anak

Fimela.com, Jakarta Anak kurus menjadi persoalan yang biasa dialami membuat orangtua cemas. Anak di bawah standar berat badan memungkinkan si kecil terjadi anemia yang bisa mengganggu tumbuh kembangnya.

Berat badan seimbang anak bisa dilihat dari garis kurva pertumbuhan anak yang bisa diperiksakan di posyandu hingga tenaga kesehatan lainnya. Berat anak ideal dilihat dari jenis kelamin, usia, dan tinggu badan yang sesuai. 

Maka itulah, penting untuk memasukkan beberapa makanan penambah berat badan untuk anak-anak ke dalam makanan mereka agar berat badan si kecil terus bertambah. Meskipun sebagian besar secara bertahap mendapatkan berat badan yang tepat saat mereka tumbuh.

Penambahan berat badan dapat dipengaruhi oleh faktor lain seperti genetika, aktivitas rutin, atau masalah mendasar lainnya. Oleh karena itu, penting untuk diingat bahwa makanan mungkin tidak selalu menjadi solusi atau masalah, sehingga tidak memberi makan anak secara berlebihan.

Maka berikan makanan bergizi untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka secara keseluruhan, makanan penambah berat badan khusus untuk mereka yang kekurangan berat badan dan perlu menambah berat badan yang sehat.  

Pilihan makanan dalam kasus seperti itu menjadi rumit dan karenanya selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi anak untuk merencanakan diet holistik yang bertujuan untuk menambah berat badan agar tidak terjadi obesitas dikemudian hari. Melansir momjunction.com berikut makanan sehat yang bisa diberikan anak untuk penambah berat badan

1. Telur

Sehat dan kaya protein, telur dapat membantu mengatur berat badan anak. Telur membantu membangun pertumbuhan otot dan jaringan tubuh. Telur harus direbus dengan baik dan diperkenalkan dalam jumlah kecil kepada anak kecil.

Telur adalah makanan super untuk anak-anak dan dikemas dengan banyak nutrisi seperti fosfor, protein lengkap, seng, kalsium, zat besi, selenium, vitamin A, vitamin B12, vitamin B6, vitamin D, vitamin E, vitamin K, riboflavin, dan kolin.

2. Ayam

Daging ayam merupakan makanan yang tinggi kalori dan tinggi protein untuk anak-anak. Ini juga kaya akan fosfor, mineral penting yang mendukung gigi dan tulang, dan bermanfaat bagi ginjal, hati, dan fungsi seluruh sistem saraf pusat.

Juga sumber vitamin B12 yang bagus, nutrisi utama untuk perkembangan otak, saraf, dan sel darah yang tepat, terutama pada usia dini. Ingat bahwa dada ayam lebih ramping daripada paha dan kaki dan menghilangkan kulit adalah pilihan terbaik karena kaya akan lemak jenuh dan kolesterol.

3. Salmon

Salmon mengandung asam lemak omega-3, vitamin B12, selenium, dan kolin yang mendukung fungsi otak, fungsi kognitif, dan kesehatan saraf pada anak kecil. Oleh karena itu, memasak hidangan ikan salmon yang sehat dan lezat untuk si kecil terkadang bisa menjadi ide yang bagus.

4. Tahu

Tahu adalah makanan penambah berat badan yang populer untuk anak-anak. Tahu, produk kedelai, mengandung protein dan asam amino esensial, zat besi nabati, kalsium, mangan, fosfor, dan selenium. Ini adalah makanan padat nutrisi dengan protein tinggi dan lemak sehat, keduanya ideal untuk pertumbuhan yang tepat pada anak-anak.

5. Susu

Susu merupakan sumber protein yang baik.  Jika anak tidak mengalami intoleransi laktosa, maka satu gelas susu setiap hari dapat membantu menjaga pola makan yang sehat.

Susu mengandung lemak, kalsium, dan vitamin esensial, yang membantu membangun tulang yang kuat.  Plus, susu diperkaya dengan vitamin D di banyak negara, yang meningkatkan penyerapan kalsium.

6. Yogurt 

Yoghurt bisa menjadi makanan penambah berat badan yang sehat untuk anak Kebanyakan anak menyukai yogurt.  Itu bisa dicampur dengan sesuatu atau dimakan begitu saja.  Kalsium dan potasium yang ada dalam yogurt membantu meningkatkan kesehatan tulang anak-anak. 

Selain itu, yogurt adalah sumber bakteri ramah usus yang disebut sebagai "probiotik", yang membantu pencernaan dan penyerapan yang baik, sehingga berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan. Pastikan untuk memilih yang tidak mengandung gula tambahan untuk memberi nutrisi yang lebih baik pada anak.

7. Buah dan kacang kering

Cocok untuk ngemil atau dijadikan topping pada es krim dan smoothies, buah-buahan kering dan kacang-kacangan memiliki banyak variasi, seperti almond, kacang mete, kenari, aprikot, dan banyak lagi. 

Selain kaya akan zat besi, vitamin, dan magnesium, buah-buahan dan kacang-kacangan kering juga menyediakan protein dan lemak sehat, yang penting untuk penambahan berat badan yang sehat.  Dapat menyajikan 1 hingga 2 sendok makan untuk anak Anda dalam sehari.

8. Minyak zaitun

Gunakan minyak zaitun sebagai saus salad atau untuk menumis makanan apa pun.  Minyak ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal, antioksidan, dan beragam vitamin, seperti vitamin E, yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat dan membantu perkembangan saraf anak-anak. 

Dapat mencoba minyak zaitun extra virgin.

9. Pisang 

Pisang dikemas dengan nutrisi yang membantu melancarkan pencernaan.  Mereka tinggi serat, potasium, magnesium, dan vitamin B6, yang menjadikannya salah satu makanan berkalori tinggi terbaik untuk anak-anak.  Buahnya sangat ideal untuk menambah berat badan

10. Alpukat

Buah hijau ini tinggi vitamin C, E, K, dan B6, potasium, lemak, serat, Alpukat juga menyediakan lutein, beta-karoten, dan asam lemak omega-3 yang bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bisa memadukannya menjadi smoothie atau saus untuk disajikan dengan kacang goreng.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading