Sukses

Parenting

Tips Mudah Ajak Anak Tidur Siang, Demi Tumbuh Kembangnya Mom!

Fimela.com, Jakarta Umumnya, kebutuhan tidur anak setiap harinya adalah 10 jam. Namun, kebutuhan ini akan berbeda-beda pada setiap anak, tergantung tahapan usianya.

Anak-anak di usia kurang dari 2 tahun, membutuhkan waktu tidur setidaknya 12 -13 jam. Sedangkan untuk anak usia di atas 2 tahun, kebutuhannya akan berkurang menjadi 10 - 12 jam. Saat usia anak mencapai 7 tahun ke atas, maka kebutuhan waktu tidurnya akan berkurang lagi menjadi 10 - 11 jam bahkan kurang. 

Untuk mencukupi kebutuhan waktu tidur ini, anak tak hanya harus tidur tepat waktu di malam hari. Anak-anak juga penting memiliki tidur siang yang rutin. Sayangnya, tidak sedikit anak yang malas untuk tidur siang. Padahal nih Mom, mencukupi kebutuhan tidur ini sangat penting demi menunjang tumbuh kembang anak yang lebih baik. 

Mengutip dari klikdokter.com, ada beberapa tips yang bisa Mom terapkan agar anak mau tidur siang. Adapun tips tersebut antara lain sebagai berikut: 

Biarkan Anak Aktif di Pagi Hari

Usahakan untuk membiarkan anak aktif di pagi hari. Hal ini bisa membuatnya cukup lelah dan akhirnya mengantuk di siang hari. Tapi ingat, hindari membiarkan anak bergerak aktif berlebihan. Anak yang sangat kelelahan, justru akan lebih sulit buat tidur siang. Selesai beraktivitas, bantu anak cuci tangan, kaki dan wajah. Ini akan membantunya merasa lebih bersih, segar dan nyaman saat tidur.

Pastikan Anak Kenyang Sebelum Tidur

Sebelum mengajak anak untuk tidur siang, usahakan untuk mengajak anak makan. Anak yang merasa kenyang, akan mudah mengantuk dan tidur lebih nyaman. Berbeda halnya dengan anak yang lapar, ia bisa merasa tak nyaman untuk tidur. Namun ingat ya Mom, hindari memberi anak makan berlebihan sehingga membuatnya kekenyangan. Hal ini bisa membuatnya tak nyaman bahkan berbahaya buat kesehatannya.

Buat Suasa Tidur yang Nyaman

Tips selanjutnya adalah, buat suasana tidur yang nyaman. Buat kamar tidur bersih, wangi dan menyenangkan untuk anak. Buat pula kamar tidur setenang mungkin. Suasana kamar tidur yang kotor, berisik atau bising, membuat anak susah untuk tidur dengan nyaman saat siang hari.

Biasakan Anak Tidur Siang di Jam Sama Setiap Harinya

Biasakan anak untuk tidur siang di jam yang sama setiap harinya. Membiasakan anak tidur di jam yang sama, akan membuatnya memiliki siklus tidur yang sama pula. Ini memudahkan anak merasa mengantuk dan tidur siang tepat waktu setiap harinya.

Periksa Popok Anak

Salah satu alasan kenapa anak susah tidur siang adalah karena popoknya penuh atau kotor. Usahakan untuk memeriksa popok anak sebelum tidur siang. Pastikan popok anak nyaman untuknya. Jika anak sudah tak memakai popok, usahakan untuk memberinya pakaian yang bersih dan nyaman selama ia tidur. 

Itulah sekian tips agar anak lebih nyaman untuk tidur siang. Sebelum mengajak anak tidur, kenali tanda-tanda anak mengantuk ya Mom. temani pula ia hingga tertidur agar ia semakin nyaman dan mau tidur siang. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading