Sukses

Parenting

Alasan Bahaya di Balik Baju Renang Warna Biru untuk Anak Menurut Ahli

Fimela.com, Jakarta Berenang menjadi momentum yang menyenangkan bagi anak-anak. Namun yang pasti, orangtua harus sangat menjaga keamanan dan keselamatan si kecil saat berenang. Rupanya, baju renang menjadi hal yang harus diperhatikan. Selain mempertimbangkan faktor kenyamanan, baju renang juga memiliki peran bagi keselamatan sang buah hati. 

Memilih baju renang untuk anak tak hanya sebatas memperhatikan ukuran yang tepat. Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah warna baju renang yang dipilih. Ternyata, warna baju renang memiliki peran penting bagi keselamatan si kecil. 

Dikutip dari New York Post pada Senin, (10/4/2023), seorang instruktur renang bayi bersertifikat asal Amerika Serikat, Nikki Scarnati, membagikan video di TikTok yang cukup mengkhawatirkan. Ia mengimbau kepada para orangtua agar memilih baju renang berwarna dan hindari warna biru. 

Menurutnya, anak-anak mungkin terlalu sulit dilihat di dalam air jika pakaian renang yang dipilih terlalu mirip dengan warna lingkungan sekitarnya. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam menyelamatkan anak-anak di kolam renang.

Menjadi sulit terlihat

Untuk mendemonstrasikannya, Scarnati merekam putrinya yang masih kecil berenang di kolam, mengenakan pakaian renang one-piece berwarna biru. Dalam video yang telah ditonton lebih dari 4,6 juta kali itu, rambut pirang gadis itu terlihat terayun-ayun di permukaan air, sesekali menyelam ke bawah. Tapi warna biru langit dari baju renangnya membuat siapa pun hampir mustahil melihat bagian tubuhnya yang lain.

Guru yang berbasis di Spring Hill, Tennessee itu mencatat bahwa dia membeli baju renang warna biru untuk putrinya hanya untuk tujuan membuat video. Ia menunjukkan betapa sulitnya menemukan putrinya di dalam air karena warnanya sama dengan lingkungan sekitarnya.

Selain warna biru, warna pastel juga menjadi warna yang tidak disarankan. Hal ini juga diungkapkan oleh warganet yang mengomentari unggahan Sarnati. "Saya mantan penjaga pantai dan ini benar sekali!" komentar seorang pengguna. "Warna biru apa pun sulit dilihat, begitu pula warna terang pastel pada umumnya."

"Itu gila, aku bahkan tidak pernah memikirkannya wow," tulis yang lain.

Warna yang disarankan

Penonton lain menambahkan, “Saya mengajar pelajaran berenang. Setelan berwarna yang tepat adalah salah satu hal yang saya butuhkan,” “Saya tidak akan pernah memikirkan hal ini. Terima kasih,” kata yang lain.

Warna yang disarankan

Warna-warna neon cerah seperti oranye, kuning, dan hijau limau merupakan warna yang paling cocok untuk digunakan di perairan terbuka. Warna baju apa pun akan lebih mudah terlihat di kolam renang, namun warna-warna yang lebih gelap mungkin tidak terlihat dengan jelas karena daun, kotoran, atau bayangan yang menutupi.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari memilih warna-warna yang lebih gelap jika memungkinkan. Pakaian berwarna putih juga tidak disarankan karena bisa terlihat seperti bercak pantulan awan. Di mana pun Anda berencana untuk berenang, pilihlah warna setelan yang cerah dan kontras. Sama pentingnya dengan memakai setelan berwarna cerah yang dapat membantu Anda menemukan anak Anda di tengah keramaian, visibilitas yang cerah sangat penting untuk mengidentifikasi seorang anak di air.

 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading