Sukses

Parenting

4 Cara Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Sejak Usia Dini

Fimela.com, Jakarta 1000 hari pertama usia anak, adalah periode emas untuknya. Di 1000 hari ini, orangtua dianjurkan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk hal ini. 

Mengutip dari laman parents.com, studi yang dipublikasikan di  Journal of Medicinal Food, mengungkapkan jika hormon pertumbuhan anak akan bekerja maksimal salah satunya saat ia sedang tidur. Selain itu, beberapa cara ini juga dikatakan ampuh dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak sejak usianya sedini mungkin.

Sering Ajak Ngobrol Anak

Cara pertama adalah sering ajak ngobrol anak. Semakin sering anak diajak ngobrol, semakin baik tumbuh kembangnya. Semakin baik pula pengetahuannya tentang berbagai kosa kata. Anak yang sering diajak ngobrol oleh orangtua, berpotensi memiliki rasa percaya diri yang baik, kenyamanan dan keamanan.

Ajak Membaca Buku Cerita

Tumbuh kembang anak akan semakin maksimal ketika ia juga diajak membaca buku cerita. Ini bisa melatihnya untuk berpikir lebih fokus. Ini juga membantunya memiliki waktu istirahat yang lebih optimal setiap harinya. Usahakan agar membaca cerita dengan semenarik mungkin. Interaksi yang menarik antara Mom dan buah hati, membuatnya makin nyaman serta senang.

Beri Ruang Bermain yang Aman

Cara berikutnya adalah berikan ruang bermain yang aman ke anak. Pastikan juga untuk memberikan mainan yang bisa melatih kecerdasan dan menunjang tumbuh kembangnya. Saat anak bermain, usahakan untuk memantau dengan baik keselamatan anak. Berikan sandaran pantat yang empuk untuknya, singkirkan benda-benda tajam dari sekitar area bermain, jauhkan barang-barang yang bisa dipanjat anak dan tutup stop kontak listrik.

Latih Kemandirian Anak

Tips selanjutnya yakni latih kemandirian anak. Ajari anak untuk makan, minum atau memakai sepatu sendiri sejak sedini mungkin. Biarkan anak bermain sesuai dengan keinginannya. Tapi, ketika anak menemukan kesulitan, segera beri bantuan atau arahan untuk menyelesaikan kesulitan tersebut. 

Mom juga penting memberikan asupan nutrisi seimbang setiap harinya ke anak. Pastikan pula anak memiliki waktu istirahat cukup. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading