Sukses

Parenting

5 Cara Mudah untuk Membuat Anak Senang Belajar di Rumah

Fimela.com, Jakarta Setiap orang tua pasti berharap agar anaknya berhasil dalam setiap bidang, termasuk berhasil dalam prestasi di sekolah. Mendidik anak agar berprestasi tentu tidak mudah karena belajar kadang membuat anak bosan dan malas. Apalagi bila anak sudah belajar seharian di sekolah, saat di rumah ia kerap lupa akan tugas rumah dan ingin main saja.

Belajar adalah hal yang dibutuhkan oleh anak, namun bermain juga tak kalah penting. Saat main anak akan merasa senang sedangkan belajar kadang membuatnya suntuk. Agar anak senang belajar dan terasa menyenangkan seperti saat bermain, yuk terapkan tips berikut ini.

1. Ikut Belajar Bersama Anak

Daripada hanya memerintah anak untuk belajar, lebih baik mom ikut belajar bersamanya. Hal ini akan membuat anak bersemangat dan merasa memiliki teman belajar. Tanyakan apa saja yang telah ia pelajari di sekolah dan minta sang buah hati untuk menjelaskannya pada mom. Cara ini akan membantu anak mengingat dan memahami materi yang telah ia pelajari sebelumnya dan merasa dihargai atas usahanya. Hindari penggunaan benda elektronik dan ikut anak untuk mengerjakan tugas rumahnya.

2. Hindari Mencela Nilai

Terkadang anak mengalami penurunan semangat belajar yang membuat nilainya menurun dan ini adalah hal wajar. Fokuslah pada proses belajar anak, jangan pada hasilnya. Saat anak mendapat nilai kurang baik tetap hargai usaha mereka. Apresiasi dari orang tua akan membuat anak semangat meraih hasil yang lebih baik dikemudian hari. Dengan begitu, motivasinya untuk belajar akan timbul karena rasa senang bukan tuntutan nilai yang sempurna.

3. Pahami Gaya Belajar Anak

Tiap anak memiliki cara berbeda untuk memahami pelajaran yang diberikan. Ada yang dengan membaca, menulis, mendengarkan, atau menonton video. Untuk membuat belajar maksimal maka pahamilah gaya belajar anak. Cara ini akan membuatnya lebih mudah memahami pelajaran dan mengingatnya dengan baik.

4. Jadikan Waktu Belajar Sebagai Kegiatan Menyenangkan

Jangan beri perintah anak untuk belajar setelah mom memarahinya. Kadang anak membuat kesalahan yang harus ditegur dengan tegas, namun jangan suruh anak belajar sesaat setelah menegurnya. Hal ini akan membuat anak berpikir bahwa belajar adalah hukuman dan menumbuhkan rasa tidak senang untuk belajar. Pilih waktu belajar saat mood anak sedang baik agar kegiatan belajar jadi menyenangkan.

5. Buat Jadwal Belajar

Dalam sehari, tetapkan jam untuk belajar dan terapkan dengan konsisten. Mengajarkan anak untuk disiplin akan membangun kesadaran akan kewajiban belajar. Saat anak telah terbiasa, tanpa di tegur pun ia akan sadar kapan waktu bermain dan belajar yang pada akhirnya menjadi kebiasaan baik.

Kegiatan belajar bisa jadi menyenangkan saat mom membantu anak dalam kesulitan yang dialami. Pahami gaya belajar anak dan terapkan tips di atas dengan konsisten.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading