Sukses

Parenting

6 Pilihan Mainan Edukasi untuk Merangsang Sensorik Bayi Usia 6-12 Bulan

Fimela.com, Jakarta Permainan dan aktivitas fisik memegang peran penting dalam proses tumbuh kembang anak. Mulai sedini mungkin anak sudah diberikan mainan edukasi guna merangsang indra penglihatan, pendengar, dan sentuhannya. Ragam mainan bayi telah diberikan sesuai dengan umur anak, mulai dari satu bulan hingga menginjak satu tahun.

Mainan edukasi ada yang sekadar untuk bersenang-senang dan ada pula yang memang ditujukkan untuk pembelajaran. Keduanya sama-sama berguna untuk keterampilan dan perkembangan sensorik anak. Permainan juga sangat penting untuk menstimulasikan perkembangan otak. Melansir dari Mayo Clinic, bayi berumur 0-1 bulan baru bisa menggerakan kaki dan tangannya untuk menunjukkan respons. Memasuki usia 2-3 bulan, penglihatan bayi sudah mulai nyata dan pendengarannya pun semakin jeli. Sementara bayi usia 6-12 bulan sudah menjadi lebih responsif dan aktif dengan keadaan sekitarnya. Mereka tertarik untuk bereksplor dan menyukai tantangan yang membuatnya sibuk, seperti mengambil barang-barang acak di sekitaran rumah. 

Ketika memilih mainan edukasi, pastikan untuk menyesuaikannya dengan usia si kecil. Bagi yang memiliki anak usia 6-12 bulan, coba berikan beberapa mainan ini di bawah untuk membuatnya senang sekaligus mengoptimalkan kemampuan sensoriknya.

Mainan karet atau Block Rubbery

Mainan edukasi block rubbery memiliki berbagai macam bentuk, seperti bola, rumah-rumahan, binatang, ataupun bangun datar. Mereka sengaja dirancang dengan tekstur yang empuk dan lunak karena bayi cenderung suka untuk meremas dan mengunyah barang-barang yang menarik perhatiannya. Sehingga ketika mainan dimasukkan ke dalam mulutnya untuk digigit, ini tidak akan membahayakan si kecil. Selain itu, mainan block rubbery bisa membantu mereka untuk meningkatkan kemampuan indra sentuhannya. Namun pastikan untuk selalu memastikan kebersihan dari mainan tersebut.

Mainan balok susun atau Stacking Toys

Mainan serbaguna, berbentuk balok bangun datar yang bisa disusun atau dibentuk menjadi berbagai macam objek. Mereka juga bisa dimainkan balok satuan tanpa dirakit. Menjadi mainan yang sangat digemari anak-anak karena bentuknya yang beragam dan mudah dipegang. Selain mampu meningkatkan keterampilan motorik dan sensorik anak, mainan ini juga bisa membantu mengasah tingkat kreativitas anak. Memakai imajinasi si anak untuk menyusun balok tersebut dengan membuat rumah-rumahan, istana, ataupun mobil-mobilan.

Walking toys atau mainan berjalan

Berbeda dengan mainan lainnya yang bisa dimainkan di lantai, walking toys atau mainan berjalan dirancang untuk membantu si kecil berjalan. Sekiranya bayi usia 10 bulan sudah bisa belajar berdiri dengan bantuan pegangan orangtua. Mainan ini cocok untuk menopang mereka dan menyeimbangkan diri agar tidak terjatuh. Cara memainkannya juga mudah, si bayi berjalan sedikit demi sedikit dengan bantuan roda dari walking toys. Dengan ini, bayi akan lebih cepat bisa berjalan.

Mainan instrumen musik

Pada dasarnya, musik akan merangsang indra pendengaran manusia, khususnya bayi. Seiring bertumbuhnya usia, indra pendengaran bayi pun semakin tajam. Mereka akan belajar berbicara dari apa yang didengarnya. Terkait dengan musik, nada dan irama dari suara yang dihasilkan baik dari gitar, piano, ataupun drum dapat membantu bayi untuk membedakan suara. Hal ini akan mempercepat proses belajar berbicara. Selain itu, dengan memberikan mainan instrumen musik juga akan membantu mengasah potensi serta hobi sedari dini.

Mainan rattle puzzle

Rattle puzzle berbeda dengan mainan puzzle pada umumnya. Mainan ini berbentuk kubus dengan tiap sisinya terdapat teka-teki puzzle yang berbeda. Mulai dari memasukkan balok sesuai dengan bentuk, mainan musik yang mengeluarkan suara ketika dipencet, hingga fitur lampu dan interaktif lainnya. Bisa dikatakan mainan ini sangatlah fungsional. Sebab dalam satu objek sudah termasuk berbagai mainan edukasi yang digemari si anak.

Playmat

Serupa dengan mainan rattle puzzle yang fungsional, mainan yang satu ini berisikan berbagai macam objek yang bisa dimainkan oleh si kecil. Playmat adalah sebuah kain atau matras dan empuk yang dilengkapi dengan berbagai aktivitas bermain, seperti bola gantung, karakter gantung, dan juga boneka berbunyi. Mainan edukasi ini sangat digemari anak karena objeknya yang beragam serta matrasnya yang membuat si kecil nyaman saat berbaring.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading