Sukses

Parenting

5 Permainan untuk Melatih Keseimbangan Anak

Fimela.com, Jakarta Keseimbangan dan koordinasi adalah keterampilan motorik dasar dalam perkembangan fisik anak. Melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat tentu akan membuat anak cepat merasa jenuh dan lelah. Melakukan permainan keseimbangan dapat menjadi alternatif untuk kamu mengembangkan motorik dan koordinasi anak, namun dengan cara yang menyenangkan dan seru. 

Selain itu melakukan permainan keseimbangan ini juga akan meminimalisir anak mengalami cidera dan meningkatkan minat partisipasi anak dalam olahraga motorik. Dilansir dari extendednotes (30/6) berikut ini adalah 5 permainan untuk melatih keseimbangan anak yang dapat kamu lakukan. 

Animal Yoga

Siapkan kartu bergambar Binatang berkaki dua atau empat, kemudian minta anak untuk meniru hewan yang tergambar di dalam kartu. Dengan permainan Animal Yoga, anak dapat bereaksi dengan meliuk-liuk, berjalan, meregangkan tubuh seperti hewan berkaki dua atau empat sesuai dengan kartu yang didapat. Kegiatan ini dapat meningkatkan fokus, keseimbangan serta koordinasi bagi anak tentunya akan membuat anak merasa senang dan ceria.

Crab Walking

Permainan ini cukup mudah. Untuk melakukan gerakan berjalan seperti kepiting, mintalah anak untuk duduk di lantai dengan tangan di belakang dan kaki di depan letakkan jari-jari anak untuk mengarah ke depan. Kemudian anak akan mengangkat pinggul dari lantai dan mulai berjalan ke depan dengan menggerakan kaki dan tangan secara bergantian. (tangan kanan – kaki kiri, kaki kiri – tangan kanan). Permainan sederhana ini dapat melatih keterampilan motorik dasar anak seperti stabilitas dan kekuatan inti anak, tentunya dengan cara yang menyenangkan.

Tangkap bola

Tangkap bola Gunakan seutas tali yang menempelkan bola plastik  ke dalam cangkir, anak harus berusaha untuk melempar dan menangkap bola di dalam cangkir. Permainan ini akan mengembangkan koordinasi tangan dan juga mata anak serta membantu meningkatkan fokus dan juga konsentrasi. Permainan ini akan membuat akan merasa tertantang.

Freeze

Melakukan permainan freeze akan menguji keseimbangan dan kekuatan tubuh anak. Permainan ini juga akan mengukur tingkat fokus anak ketika anak sedang berkonsentrasi untuk menahan tubuh layaknya sebuah patung. Kamu bisa buat permainan menjadi menantang dengan meminta anak untuk menahan posisi tersebut untuk waktu yang lama. Untuk menambah minat anak, kamu dapat berikan hadiah kecil kepada anak apabila anak dapat menahan pose sesuai yang kamu tentukan. 

Bowling

Permainan ini mengharuskan kamu untuk menggerakan tubuh dalam berbagai Gerakan. Hal ini dapat meningkatkan keseimbangan, koordinasi tangan dan mata serta fleksibilitas. Ajak anak ke arena bowling atau siapkan set permainan bowling dirumah. Minta anak untuk melakukan lemparan dan menjatuhkan semua pin bowling yang ada. Dengan melakukan permainan bowling dapat meningkatkan fokus anak karena konsentrasinya dalam menjatuhkan bowling.

Demikian 5 Permainan untuk Melatih Keseimbangan Anak yang dapat Sahabat Fimela lakukan. Olahraga untuk anak namun dengan cara yang menyenangkan. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading