Sukses

Parenting

Selain Menyenangkan, Ini 5 Manfaat Liburan Bagi Anak

Fimela.com, Jakarta Sebagai orang dewasa yang memiliki banyak tanggung jawab dan aktivitas padat, liburan menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Bukan hanya untuk melepas penat, liburan mampu membangkitkan rasa semangat. Anak-anak pun membutuhkan liburan. Kegiatan sekolah dan kewajiban di rumah kadang membuat anak penat. Liburan menjadi hal yang mereka nantikan.

Selain memberi kebahagiaan, liburan juga bermanfaat untuk anak. Apa saja manfaatnya? Simak penjelasan berikut ini.

1. Meningkatkan Kedekatan dengan Keluarga

Anak tentu butuh membangun kedekatan dengan orang tua dan saudara. Kedekatan dengan keluarga baik untuk kesehatan mental anak. Melalui liburan, momen membahagiakan dapat meningkatkan kedekatan anak dan keluarga. Waktu berkualitas bersama berdampak untuk memberi dukungan pada mental dan emosi sang buah hati.

2. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Baik orang dewasa maupun anak bisa merasakan tekanan dari kegiatan rutin yang dilakukan tiap hari. Hal ini bisa berdampak pada stres dan cemas. Untuk mengatasinya, liburan adalah cara tepat membangun semangat dan motivasi. Dengan begitu si kecil akan kembali semangat menjalani aktivitas normal setelah liburan.

3. Membangun Keterampilan Sosial

Mendatangi tempat baru memberi anak pengalaman baru dengan bertemu banyak orang. Terutama bila berkunjung ke luar negeri, budaya dan bahasa yang berbeda menjadi tantangan bagi anak untuk melatih kemampuan sosial. Ia akan belajar beradaptasi dengan lingkungan baru dan melatih kemampuan komunikasi dengan orang dari latar belakang berbeda.

4. Kemampuan Mengenal Diri

Liburan memberi kebiasaan dan kenyamanan yang berbeda dari saat berada di rumah. Hal ini akan membuat anak untuk mengenal dirinya dan belajar bagaimana cara membuat dirinya sendiri nyaman pada tempat baru. Kemampuan ini sangat berguna saat dewasa kelak karena situasi akan selalu berubah dan tiap orang harus mampu menyesuaikan diri. Penyesuaian diri dimulai dari mengenal diri sendiri lebih dahulu.

5. Melatih Keberanian untuk Mencoba Hal Baru

Liburan memberi banyak tantangan. Mulai dari mencoba berbagai jenis makanan, aktivitas, hingga adaptasi ke tempat baru membuat anak melatih keberaniannya. Terutama bagi wisata alam, anak akan melatih adrenalin untuk berani mencoba aktivitas fisik. Hal ini membantunya untuk mudah beradaptasi dan mampu mengatasi berbagai situasi dengan keberanian.

Liburan dengan anak memang menyenangkan dan memberi banyak manfaat. Ingin liburan tak terlupakan bersama keluarga? Fimela Event adalah solusi cerdas. Wujudkan liburan impianmu tanpa repot dan tetap berkesan. Segera cek event.fimela.com atau hubungi 0821-2459-2963 untuk informasi selanjutnya. Fimela Event will make your dream moments come true!

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

https://www.newshub.id/interactive2/3708

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading