Sukses

Parenting

Gaya Parenting Caca Tengker Tidak Membatasi Aktivitas Anak

Fimela.com, Jakarta Keluarga memiliki peran sentral untuk pembentukan kebiasaan, gaya hidup dan kondisi kesehatan masing-masing anggotanya. Salah satu ciri keluarga sehat adalah adanya hubungan yang baik seperti memiliki aktivitas bersama yang menyenangkan, serta bugar secara fisik.

Namun, tantangan keluarga saat ini ada pada gaya hidup sedentari dan lingkungan yang kurang mendukung aktivitas keluarga, seperti polusi, kurangnya ruang terbuka, maupun kondisi tempat tinggal yang kurang aman. 

Meski begitu, Psikolog dan selebgram, Caca Tengker menyampaikan saat ini kesehatan dan tumbuh kembang anak-anak merupakan prioritasnya. Selain melindungi kesehatan fisik anak, ia dan suami pun tidak membatasi aktivitas anak untuk mengexplore apapun.

“Saya dan suami juga berusaha mendorong kreatifitas dan imajinasi anak, termasuk dengan cara memberikan suasana menyenangkan bagi anak-anak lewat berbagai cara, salah satunya dengan bermain,” katanya. 

Mundipharma Healthcare Indonesia melalui rangkaian Betadine meluncurkan Kampanye The Unstoppable Family yaitu kampanye inspiratif yang mengajak keluarga Indonesia untuk melakukan aktivitas bersama anggota keluarganya agar lebih aktif. 

“The Unstoppable Tape ini memberikan banyak ide kreatifitas bagi kami untuk berinteraksi dengan anak-anak. Selain itu, Betadine juga memberikan rasa aman jika sesuatu terjadi pada anak-anak ketika bermain, dengan berbagai rangkaian produknya. Bagi saya sendiri, Betadine juga menjawab kebutuhan personal hygiene yang terus menjadi prioritas saya,” kata Caca. 

Head of Marketing PT Mundipharma Healthcare Indonesia, Anastasia Damayanti menyampaikan, dalam rangka Hari Keluarga Nasional tanggal 29 Juni lalu dan menyambut Hari Anak Nasional 23 Juli 2023, Betadine kembali ingin menginspirasi keluarga Indonesia untuk melakukan aktivitas bersama anggota keluarganya agar lebih aktif dan menjadi keluarga yang aktif atau The Unstoppable Family. 

“Salah satu ide unik yang bisa dilakukan bersama keluarga dalah memainkan permainan tradisional dengan The Unstoppable Tape. Engklek, Gobak Sodor maupun Bentengan adalah permainan tradisional yang mengajak anak bermain tapi juga melakukan aktifitas fisik tanpa mereka sadari,” katanya. 

Peran Keluarga Membentuk lingkungan Harmonis

Dokter ahli, dr. Gia Pratama mengatakan, peran keluarga sangat penting dalam membentuk lingkungan keluarga yang harmonis, penuh kasih sayang, dan pengertian. Keluarga merupakan lingkungan paparan pertama dan tersering bagi anak-anak. Pembentukan karakter dan proses tumbuh kembang pertama kali juga dimulai dari sini. 

“Kondisi yang optimal di rumah, pemenuhan nutrisi yang cukup, dan interaksi antar orang tua maupun dengan anak sangat mempengaruhi perkembangan dan perilaku anak. Orangtua bertanggung jawab untuk menyediakan lingkungan yang aman, memantau aktivitas anak, membantu mengembangkan emosi sosial dan kognitif, serta menyediakan arahan dan panduan dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya.  

Dr Gia menambahkan, dalah satu aktivitas mudah yang dapat dilakukan bersama adalah bermain bersama. Tentu saja ketika bermain, orangtua wajib memastikan lingkungan maupun peralatan yang digunakan untuk bermain tetap aman. Meskipun aktivitas dilakukan di rumah, faktanya, berdasarkan riset kesehatan dasar menemukan bahwa 44,7% kecelakaan terjadi di rumah dan 31,4% kecelakaan terjadi di jalan. 

“Oleh karenanya, orangtua wajib menyediakan produk antiseptic khususnya yang mengandung Povidone Iodine yang mampu membunuh kuman penyebab infeksi, di rumah maupun dibawa kemana saja dalam aktivitas bersama keluarga. Selain menjaga keselamatan dan kesehatan anak-anak, orang tua juga harus menjaga kesehatannya juga dengan senantiasa memperhatikan personal hygiene,” katanya.

 “Salah satu produk Betadine, yaitu Betadine Ointment rasanya harus menjadi a must have item bagi keluarga, agar siap siaga saat terjadi kecelakaan. Nah, untuk mengatasi permasalahan udara yang saat ini terasa kurang baik, Betadine juga memiliiki Nasal Spray yang dapat digunakan untuk anak-anak dan dewasa, jadi bisa untuk seluruh anggota keluarga,” tambah Anastasia.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading