Sukses

Parenting

Peringati Hari Anak, Memenuhi Hak dan Melindungi Anak Harus Jadi Prioritas Orangtua

Fimela.com, Jakarta Dalam rangka merayakan hari Anak Nasional 2023 yang diperingati setiap tanggal 23 Juli setiap tahunnya, Tokopedia bersama dengan dokter anak memiliki tujuan membangun kepedulian dan kesadaran orangtua, pengasuh, guru, masyarakat, dunia usaha, hingga pemerintah dalam upaya memenuhi hak dan mewujudkan perlindungan anak. Hal tersebut, dilakukan sejalan dengan salah satu subtema peringatan hari Anak Nasional 2023 yaitu Wujudkan Lingkungan Aman untuk Anak. 

Setiap anak memiliki hak yang sama untuk mendapatkan kebutuhan dan pendidikan dari orangtuanya. Sudah menjadi tanggung jawab setiap orangtua juga untuk memenuhi kebutuhan anak dan melindungi mereka. Namun, beberapa anak masih belum mendapatkan haknya dengan benar. Setidaknya ada 10 hak anak yang diakui dan wajib dipenuhi secara internasional dan nasional, dua diantaranya adalah hak untuk mendapatkan makanan dan hak untuk memperoleh pendidikan.

“Sejalan dengan hal tersebut, Tokopedia berupaya membantu orang tua untuk memperhatikan pemilihan produk kebutuhan anak, seperti makanan dan buku, demi memenuhi hak, melindungi, serta menunjang tumbuh kembang anak. Saat ini, sudah ada 1,8 miliar produk yang terdaftar di Tokopedia, termasuk berbagai produk kebutuhan anak. Untuk mempermudah orang tua mendapatkan produk kebutuhan anak terkurasi, Tokopedia menghadirkan halaman khusus Tokopedia Parents,” ujar Corporate Affairs Lead Tokopedia, Antonia Adega.

 

 

Kehadiran Tokopedia Meningkatkan Transaksi Makanan Bayi

Tokopedia Parents merupakan halaman khusus yang menghadirkan pilihan produk kebutuhan anak terkurasi dengan jaminan harga termurah dan berbagai penawaran menarik mulai dari cashback hingga Rp500.000 dan flash sale dengan diskon hingga 60%. Upaya-upaya tersebut akhirnya menciptakan tren berbelanja online produk kebutuhan anak di Tokopedia.  

“Di samping itu, kami juga memberdayakan Komunitas Tokopedia Parents dimana Tokopedia rutin memberi edukasi kepada orang tua terkait kebutuhan rumah tangga atau keluarga, khususnya anak, melalui forum diskusi, media sosial dan kanal resmi lainnya. Buku aktivitas, buku cerita anak (termasuk dongeng dan fabel) dan buku dunia pengetahuan tercatat sebagai sejumlah produk yang paling laris pada kategori produk Buku Anak di Tokopedia, sepanjang kuartal II 2023. Pada kuartal II 2023 dibandingkan kuartal II 2022, sereal, bubur bayi dan biskuit bayi, menjadi sejumlah produk makanan bayi yang paling laku di Tokopedia, dengan rata-rata peningkatan transaksi sebesar 2 kali lipat. Secara keseluruhan, produk makanan bayi mengalami peningkatan transaksi hampir 3 kali lipat,”  ujar Antonia.

Hal ini juga dapat dilihat dari kenaikan tertinggi jumlah transaksi dan penjual pada kategori produk Ibu dan Anak selama kuartal II 2023 dibandingkan kuartal II 2022 pada beberapa wilayah seperti Medan (Sumatera Utara), Palembang (Sumatera Selatan) dan Bandung (Jawa Barat). 

Menyambut hari Anak Nasional 2023, Tokopedia bersama ​​dr. I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi, SpA (atau dr. Tiwi) memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya orangtua mengenai pemenuhan hak dan perlindungan anak serta pentingnya peran orangtua dalam tubuh kembang anak sejak awal usianya, seperti pemberian makanan bergizi, salah satunya asi. Asi merupakan asupan terbaik yang biasanya diberikan hingga anak berusia 6 bulan, sedangkan setelah usia tersebut, anak membutuhkan makanan pendamping ASI dengan komposisi karbohidrat 50%, protein hewani 15% dan lemak 30%.

 

 

Peran Penting Orangtua Dalam Pemberian Asupan dan Mendorong Stimulasi Melalui Buku

Kini banyak makanan pendampin ASI yang dapat kamu temui dalam berbagai merek, salah satunya Kids Spoon. Salah satu UMKM di Tokopedia yang berasal dari Bali dan didirikan oleh Anak Agung Sri Anjani sejak 2017 dengan berbagai pilihan produk makanan anak tanpa bahan pengawet dan penyedap tambahan seperti bubur MPASI, bakso ayam, siomay,aneka nugget hingga kukis. 

“Kids Spoon merupakan bentuk usaha kami dalam membantu orang tua di Bali maupun seluruh Indonesia memenuhi hak dan melindungi anak, khususnya dalam mendapatkan makanan anak yang aman dan bergizi, namun tetap enak. Produk kami pun sudah bersertifikasi BPOM RI. Kids Spoon bergabung di Tokopedia sejak tahun 2020 untuk memperluas pasar. Berkat Tokopedia, penjualan Kids Spoon makin meningkat. Yang awalnya produk Kids Spoon hanya bisa dijangkau oleh masyarakat sekitar Bali, karena adanya Tokopedia kini pembeli produk Kids Spoon bahkan bisa berasal dari Sumatera dan Sulawesi,” ujar Anjani. 

Tak hanya makanan, stimulasi otak anak untuk pendidikan dapat melalui lewat buku seperti yang ditawarkan oleh Rabbit Hole. Salah satu UMKM di Tokopedia yang menjual berbagai produk buku untuk anak usia 0-7 tahun sejak 2014 dan didirikan oleh Devi Raissa dan Guntur Gustanto dengan tujuan untuk menunjang tumbuh kembang otak anak dan hubungan antara anak serta orangtua.

“Dalam membuat buku di Rabbit Hole, kami selalu mempertimbangkan proses perkembangan anak serta kebutuhan anak di masing-masing usia. Selain dari sisi konten, kami juga memperhatikan dari sisi bahan material yang digunakan untuk membuat buku. Misalnya, kertas food grade dan tinta yang ramah untuk bayi dan anak. Rabbit Hole bergabung dengan Tokopedia pada tahun 2019 dan sangat terbantu pada sisi operasional toko hingga meningkatkan penjualan dengan merambah pasar yang lebih luas, termasuk di daerah Aceh dan Papua. Rabbit Hole memanfaatkan berbagai inisiatif Tokopedia, seperti Tokopedia Parents, kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB), hingga fitur lain, seperti flash sale dan bundling untuk meningkatkan penjualan,” ujar Devi.

 

*Penulis: Fani Varensia 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading