Sukses

Parenting

5 Tips Membangun Hubungan Sehat dengan Anak dan Menjadi Lebih Dekat

Fimela.com, Jakarta Tiap orang tua memiliki cara tersendiri untuk mendidik anak. Baik dengan aturan ketat, bebas, atau santai. Tiap gaya parenting yang diterapkan bukan hanya berpengaruh pada karakter anak, namun juga hubungan dengan orang tua. Tak jarang ditemukan orang tua yang tidak mengenal anaknya dengan baik karena tidak mampu membangun hubungan yang sehat.

Meski tinggal pada rumah yang sama kedekatan tidak dapat dipaksakan. Rasa nyaman dan aman akan tumbuh bila orang tua mampu mendidik anak dengan baik dan membangun kepercayaan anak. Melansir dari Parents ahli memberi beberapa tips parenting untuk orang tua yang ingin membangun hubungan sehat dengan anak. Ingin tahu? Simak berikut ini.

1. Tetapkan Batasan Sehat

Tak perlu terlalu mengatur anak, menetapkan batasan sehat lebih membantu anak memahami apa yang boleh dan tidak boleh ia lakukan. Menetapkan banyak aturan hanya akan membuat anak memberontak karena ruang geraknya dibatasi. Berikan anak kesempatan untuk melakukan banyak hal. Tak perlu melarang, mengawasi dari jauh pun bisa mom lakukan.

2. Ciptakan Waktu Berkualitas

Meski sibuk, luangkanlah waktu untuk bermain dengan anak. Agar lebih menyenangkan, biarkan anak menentukan aktivitas yang akan kalian lakukan. Bukan hanya bersenang-senang, kebersamaan bisa membuat anak merasa nyaman. Kadang kala anak akan mengatakan perasaannya yang terdalam saat merasakan mood yang baik. Momen ini bisa menjadi kesempatan membuat anak dekat dan terbuka.

3. Tunjukkan Kasih Sayang Pada Anak dan Pasangan

Membangun hubungan sehat dengan orang tua bisa dilakukan dengan menunjukkan rasa cinta pada anak. Memberi perhatian, memeluk, dan mengutarakan cinta akan membuat anak merasa dihargai dan dicintai. Selain itu, menunjukkan rasa sayang pada pasangan di depan anak juga menjadi contoh baginya untuk saling menyayangi sesama. Rasa sayang pada keluarga akan tumbuh bila orang tua memberi contoh pada anak.

4. Jadikan Anak Teman Ceritamu

Membangun hubungan sehat dimuali dari kedekatan emosional. Untuk membangun ikatan emosional dengan anak, mulailah dari mom yang sering bercerita padanya. Mungkin ini terdengar sia-sia karena anak belum tentu memahami maksud mom. Namun, anak akan merasa ia diandalkan dan memiliki mom sebagai temannya juga. Sering berbagi cerita dengan anak akan membuat mom maupun anak mengenal satu sama lain lebih dalam.

5. Bangun Empati yang Dalam

Kepedulian orang tua pada anak dapat dilihat dari kebiasaan mom sehari-hari. Anak yang masih kecil memiliki banyak cerita akan pengalaman barunya. Meski sepele, jangan remehkan ceritanya. Ini bukan hanya menjadi pendengar yang baik namun juga menunjukkan perhatian padanya.

Tips di atas dapat diterapkan pada anak sejak dini. Semakin dekat hubungan mom dengan anak sejak kecil, semakin mudah membangun hubungan sehat dengannya.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading