Sukses

Parenting

Tips Mendidik Anak Menjadi Pintar dan Disiplin Seperti Selebgram Cilik Kenzo Limtama

Fimela.com, Jakarta Tingkah lucu dan bawel selebgram cilik Kenzo Limtama dengan akun Instagram @kenzo_limtama membuat banyak warganet gemas. Di usianya yang baru menginjak 6 tahun, Kenzo Limtama sudah berhasil mengantongi pengikut 170ribu. Tidak sedikit yang penasaran dengan cara mendidik yang diterapkan oleh Ibunda Kenzo Limtama, Melissa, yang membuat Kenzo tampak begitu penurut, pintar dan disiplin. Melissa menuturkan bahwa sejak lahir Kenzo bukanlah tipe anak yang bandel, Kenzo lebih ke anak yang kalem namun bawel, kritis dan banyak bertanya. 

“Kenzo itu anak yang super kritis, anak tipe ini akan selalu bertanya sampai ia benar-benar mendapat jawaban yang ia inginkan. Saya dan suami selalu menjelaskan mengapa Kenzo tidak boleh melakukan ini, dan dampak negatifnya jika Kenzo melakukan ini ke diri dia sendiri dan orang di sekitarnya. Sehingga ia dapat berpikir dua kali lipat jika ia ingin melakukan itu, dan karena sudah tau akibatnya dia dengan sendirinya akan mengurungkan niatnya untuk kebaikannya sendiri bukan karena takut dilarang orangtua”, jelasnya. 

Pentingnya komunikasi

Melissa juga menjelaskan pentingnya komunikasi antara orangtua dengan anak sehingga kita bisa memahami pola pikir anak. Setiap anak memiliki cara didik yang unik sesuai dengan masing-masing karakter anak. Menurutnya, keterbukaan terhadap sifat apa yang kurang disukai oleh orangtua terhadap anak juga penting. “Kita juga harus terbuka dan jujur terhadap anak kalau ada sikapnya yang Ddak kita sukain, tapi harus diiringi dengan solusinya juga”, ujarnya. 

Melissa menyarankan agar orangtua perlu memberi contoh yang baik juga di depan anak, karena anak cenderung belajar dengan cara meniru. Misalnya disiplin mengenai jam tidur, batasi memakai gadget saat sedang berkumpul bersama keluarga dan selalu mengucapkan terima kasih, maaf dan tolong. 

“Saya selalu mengajarkan Kenzo setiap pilihan pasti ada konsekuensinya. Perbuatan yang baik akan mendatangkan hasil yang baik. Jika bertemu dengan hal yang kurang baik Ddak apa untuk mengalah, karena mengalah itu bukan berarti kalah.“ ujar Melissa 

Menerapkan pola asuh disiplin

Belajar mentaati peraturan sejak dini juga penting menurut Melissa. “Karena dimana pun anak berada, mau di rumah, sekolah, jalan, rumah sakit, dimana pun itu, anak akan selalu menemukan aturan yang harus dipatuhi,” tuturnya. 

Walaupun Kenzo bukan tipe anak yang bandel, ada kalanya juga bertingkah sehingga membuat kesal orang tuanya. “Nah, saat Kenzo melakukan hal yang tidak baik, saya juga memberi hukuman sebagai konsekuensi atas hal yang tidak baik yang dilakukannya. Saya dan suami sepakat untuk tidak manjain anak sama sekali, jadi ketika dia salah kita beri hukuman, ketika dia benar, ya kita hargai, kita puji dan kasih penghargaan,” tutur Melissa. 

#Breaking boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading