Sukses

Parenting

5 Faktor Utama Penyebab Produksi ASI Terganggu

Fimela.com, Jakarta Setiap tahunnya, Pekan ASI Sedunia dirayakan di tanggal 1 - 7 Agustus. Hal ini dilakukan untuk mengedukasi semua orang untuk lebih peduli betapa pentingnya ASI (Air Susu Ibu) untuk bayi. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, dari Health Collaborative Center (HCC) dalam acara Press Conference memperingati Pekan Raya ASI 2023 hari ini (05/08/23), mengungkapkan jika ASI (Air Susu Ibu) Eksklusif penting untuk diberikan pada bayi usia 0 - 6 bulan. 

Pemberian ASI eksklusif pada 6 bulan pertama usia bayi, memberi banyak manfaat buat bayi. “Pemberian ASI sangat bermanfaat buat bayi. ASI adalah sumber nutrisi terbaik. ASI ini ajaib, ia bisa menjadi asupan gizi terbaik, antibody yang mencegah anak sakit, dan meningkatkan kecerdasan anak. Jelas ASI berpengaruh pada kecerdasan anak.” 

Meski sangat bermanfaat, sayangnya ada kalanya produksi ASI terganggu. Banyak ibu yang mengalami masalah ASI tidak lancar selama menyusui. Berikut beberapa penyebab produksi ASI terganggu tersebut. 

Perubahan Hormon

Hormon memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan fisik pun psikis seseorang. Ini juga berpengaruh besar terhadap segala hal dalam diri ibu menyusui. Perubahan hormon dari momen kehamilan ke momen menyusui, kerap bikin suasana hati terganggu. Saat suasana hati terganggu, ini bisa menyebabkan produksi ASI menurun.

Kesehatan Fisik

Kesehatan fisik ibu selama menyusui, juga memiliki pengaruh pada kualitas serta kelancaran ASI. Ibu yang sehat, tentu akan mengalami perbedaan produksi ASI dari ibu yang sedang sakit. Kesehatan ibu selama menyusui sebagai salah satu kunci utama lancar tidaknya produksi ASInya. Ibu yang sedang sakit atau menjalani perawatan medis, tak jarang mengalami penurunan produksi ASI.

Kecukupan Cairan

Selama menyusui, Mom penting untuk minum cukup setiap harinya. Berbeda dari hari-hari biasanya, hari-hari selama menyusui tubuh Mom memerlukan lebih banyak cairan. Ketika selama menyusui Mom tidak mencukupi cairan tubuh dengan baik, tentu ini menghambat lancarnya ASI. Ini sangat mengganggu produksi ASI. 

Nutrisi Tubuh Tidak Tercukupi dengan Baik

Mom harus memerhartikan kecukupan nutrisi selama menyusui. Pastikan untuk makan dengan porsi yang lebih banyak dengan nutrisi atau gizi seimbang. Cukupi kebutuhan vitamin dari sayuran, protein dari ikan dan daging, serta nutrisi lain dari beragam buah, kacang-kacangan, susu dan masih banyak lagi. Kurangnya kecukupan nutrisi selama menyusui, tak hanya bikin produksi ASI terganggu. Ini juga bisa bikin kualitas ASI sangat buruk.

Stres

Stres selama menyusui atau masalah mental yang lain, juga bisa mengganggu produksi ASI. Ibu menyusui yang sedang dilanda stres, akan sangat mungkin mengalami baby blues selama menyusui, kualitas ASI buruk dan bayi tidak terawat dengan baik. 

Itulah sekian faktor utama yang kerap menyebabkan produksi ASI terganggu. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading