Sukses

Parenting

7 Manfaat Minum Susu Rutin untuk Tumbuh Kembang Anak

Fimela.com, Jakarta Pada usia 6 bulan, anak penting bagi bayi untuk diperkenalkan dengan beragam makanan lain sebagai MPASI. Setelah anak berusia 6 bulan, konsumsi ASI saja tak akan mencukupi kebutuhan nutrisi untuk mendukung tumbuh kembangnya. Ada beragam makanan dan minuman yang bisa diberikan ke anak Mom. tak terkecuali yakni susu. 

Meski ASI disarankan untuk diberikan secara eksklusif selama 6 bulan pada bayi dan diteruskan hingga usianya 2 tahun, sesekali memberikan susu sebagai pendamping ASI tetap boleh dilakukan. Ini justru memberikan banyak manfaat untuk mendukung tumbuh kembang anak. 

Mengutip dari laman parents.com, berikut beberapa manfaat minum susu rutin untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Sumber Energi

Susu bisa menjadi sumber energi tambahan untuk anak. Selain didapat dari makanan pokok berupa nasi dan lauk pauknya yakni ikan, sayur serta camilan berupa buah, nutrisi terbaik tubuh juga bisa didapat dari susu segar atau olahannya. Susu bisa meningkatkan energi fisik pun kemampuan berpikir anak yang lebih baik. 

Membantu Penyerapan Nutrisi

Konsumsi susu bisa membantu tubuh anak menyerap nutrisi dengan baik pada makanan atau minuman yang ia konsumsi. Saat tubuh mampu menyerap nutrisi dengan baik, tentunya ini sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Studi menemukan jika susu kaya akan protein dan nutrisi lain yang bisa memperbaiki sel-sel tubuh anak yang rusak, memperkuat sistem imun dan mendukung perkembangannya. 

Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Konsumsi susu sebelum tidur atau di sore hari, bisa bantu anak tidur lebih nyenyak. Susu dipercaya mengandung nutrisi yang mampu membuat tubuh rileks, pikiran nyaman dan hati tenang. Hal ini yang kemudian mendukung kualitas tidur lebih baik pada anak. Kualitas tidur sendiri berpengaruh penting pada proses pertumbuhan dan perkembangan anak.

Merangsang Pertumbuhan Anak

Ingin anak tumbuh besar, sehat dan kuat, jangan ragu untuk memberinya asupan berupa susu sebagai pendamping makanan dan minuman sehari-hari. Susu kaya akan nutrisi yang mampu merangsang pertumbuhan anak secara lebih baik. Studi menemukan jika anak yang rutin minum susu, lebih mungkin memiliki tinggi badan yang lebih tinggi dan kekuatan tulang dan gigi yang lebih baik. Hal ini mengingat jika susu juga tinggi kalsium di dalamnya.

Menjaga Kesehatan Jantung

Siapa sangka susu bisa menjaga kesehatan jantung? Tapi itulah kenyataannya. Susu mengandung beragam nutrisi, salah satunya kalium yang bantu melancarkan aliran darah. Lancarnya aliran darah, berdampak baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan termasuk jantung yang lebih sehat, energi yang lebih banyak dan tulang lebih kuat.

Menurunkan Risiko ADHD

Menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition & Food Sciences, kandungan asam lemak Omega 3 dan 6 di dalam segelas susu bisa membantu mengurangi risiko ADHD pada anak. Ini memungkinkan anak lebih konsentrasi, fokus dan berperilaku tenang.

Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh kekurangan cairan. Konsumsi susu secara rutin, bisa mengurangi risiko dehidrasi pada anak. Susu bermanfaat memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan lebih baik. 

Itulah sekian manfaat minum susu untuk tumbuh kembang dan kesehatan anak secara menyeluruhan. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading