Sukses

Parenting

6 Cara Mudah Agar Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Tak seperti orang dewasa, pola tidur bayi masih belum teratur. Ini yang akhirnya membuat Mom harus rela begadang demi menyusui buah hati atau sekedar menemaninya. Untuk membuat bayi tenang, salah satu cara yang paling sering orangtua lakukan adalah dengan menggendong bayi. Menggendong bayi bisa membuat bayi merasa nyaman serta tenang. 

Bayi memang belum bisa membedakan mana waktu siang dan mana waktu malam. Inilah yang kemudian membuatnya sering terbangun saat malam. Kurang bisa tidur nyenyak dan nyaman. Agar bayi bisa tidur lebih nyenyak saat malam, ada beberapa cara mudah yang bisa Mom lakukan. Cara ini cukup membantu untuk membuat bayi lebih tahu kapan waktunya untuk tidur dan kapan harus bermain. 

Dari parents.com, inilah beberapa cara mudah yang bisa Mom lakukan.

Biasakan Bayi Tidur dengan Tenang dan Nyaman

Cara mudah pertama adalah pastikan bayi tidur dengan tenang dan nyaman. Mom bisa melakukannya dengan memberi bayi baju yang nyaman, tempat tidur yang bersih, suasana sekitar tenang, tidak panas, tidak dingin dan nyalakan lampu yang redup.

Tenangkan Bayi Saat Menangis

Usahakan untuk menenangkan bayi sesegera mungkin saat ia menangis atau rewel. Semakin bayi rewel, semakin sulit untuknya tidur nyenyak. Bayi yang terlanjur rewel dan merasa tidak nyaman, biasanya akan mengajak Mom begadang saat malam. Dan jika hal ini terbiasa ia lakukan setiap hari, ini akan berlanjut ke hari-hari berikutnya bahkan setelah bayi beranjak besar.

Pastikan Bayi Kenyang

Sebelum tidur beri asupan ASI yang cukup pada bayi. Menyusuinya secara langsung dan menamaninya tidur, akan membuat bayi lebih nyaman dan tidur nyenyak. Well Mom, pastikan agar bayi tidur dengan perut kenyang ya. Bayi yang lapar, akan rentan rewel dan sulit tidur nyenyak saat malam. 

Mandi

Jangan lupa untuk memandikan bayi secara rutin dua kali dalam sehari. Gunakan air hangat untuk memandikannya, beri pakaian yang nyaman dan wangi. Tubuh bayi akan merasa lebih rileks setelah mandi. Saat tubuhnya rileks tentu ini membantunya tidur lebih nyenyak. Segera ganti popok bayi jika basah atau terkena kotoran. Kenyamanan bayi juga ditentukan oleh pakaian yang ia kenakan.

Iringi Tidur Bayi dengan Suara Stabil

Agar bayi merasa lebih tenang dan tidur lebih nyenyak, iringi tidurnya dengan suara-suara yang stabil. Misal suara kipas angin, suara musik pengantar tidur, suara mengaji atau suara yang menyamarkan suara bising dan suara keras di sekitarnya. Suara yang stabil memberi efek ketenangan yang mengesankan. 

Pastikan Bayi Aktif di Siang Hari

Mom, yuk pastikan agar bayi lebih aktif di siang hari. Bayi yang aktif di siang hari akan merasa lelah dan mengantuk di malam hari. Dengan begitu ia akan tidur lebih nyenyak dan nyaman. Hal ini berbeda dengan bayi yang banyak tidur di siang hari. Ia akan menjadi lebih aktif di malam hari dan susah tidur. 

Nah Mom, itulah sekian cara agar bayi bisa tidur lebih nyenyak di malam hari. Semoga cara ini bermanfaat dan selamat mencobanya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading