Sukses

Parenting

Atur Biaya Pendidikan Anak, Simpan THR dengan Tabungan BRI Junio yang Bebas Biaya Admin!

Fimela.com, Jakarta Sebagai orang tua, pastinya selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Tidak terkecuali yang menyangkut tentang pendidikan. Sayangnya, bukan rahasia lagi kalau biaya pendidikan sering jadi hal yang bikin orang tua merasa cemas. Yup, tiap tahunnya selalu ada kenaikan biaya yang cukup signifikan untuk sekolah-sekolah yang dinilai jadi unggulan. Belum lagi ketika memasuki jenjang kuliah nanti yang biasanya menghabiskan cukup banyak menguras tabungan yang ada. 

Dari fenomena ini, para orang tua bisa belajar kalau mengatur biaya pendidikan ternyata sebaiknya dilakukan sedini mungkin supaya kondisi keuangan tetap terjaga. Selain itu, dengan memanfaatkan dana tambahan seperti THR anak yang biasa didapatkan saat momen Lebaran nanti, juga bisa jadi tabungan tambahan, lho! 

Yuk, intip beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam rangka menyiapkan dana pendidikan anak mulai sekarang! 

Lakukan Riset tentang Biaya Pendidikan Anak

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam mengatur biaya pendidikan anak adalah riset terlebih dulu terkait jenjang pendidikan yang akan direncanakan. Misalnya, jika si kecil saat ini masih kelas duduk di kelas 1 SD, orang tua bisa mulai mempersiapkan biaya pendidikannya saat masuk jenjang pendidikan selanjutnya, yaitu SMP, SMA, hingga kuliah. 

Dari sini, orang tua sebaiknya mulai memperbanyak riset tentang daftar sekolah mana saja yang menjadi tujuan. Riset tersebut meliputi biaya yang diperlukan, seperti berapa biaya masuknya, berapa pembayaran SPP bulannya, hingga biaya lain yang mendukung kegiatan anak di sekolah. Jangan lupa juga masukkan inflasi atau kenaikan biaya setiap tahunnya ya. 

Buat Rencana Anggaran Tabungan Setiap Bulannya

Jika target biaya pendidikan masih cukup panjang, misalnya harus mempersiapkan biaya masuk SMP, SMA, hingga kuliah, pastikan orang tua membuat perencanaan yang cukup matang. Buat deadline untuk masing-masing jenjang pendidikan yang juga disesuaikan oleh usia anak. 

Misalnya, bagi anak yang masih kelas 1 SD, artinya masih ada waktu sekitar 5 tahun lagi untuk menyiapkan biaya pendidikan SMP. Nah, sebaiknya buat target persiapan agar tidak terlalu lama. Sebagai contoh dalam waktu 2-3 tahun kamu harus bisa mengumpulkan uang yang diperlukan untuk anak melanjutkan ke jenjang berikutnya. Hal ini penting supaya target bisa segera terpenuhi, sehingga kamu bisa melanjutkan tabungan untuk jenjang SMA dan kuliah lebih cepat. Dari situ, kamu juga bisa menghitung berapa jumlah nominal tabungan yang harus dikumpulkan setiap bulannya. 

Simpan THR Si Kecil untuk Dana Pendidikan dengan Tabungan BRI Junio

Bingung mengelola uang THR anak yang didapat saat Lebaran? Daripada terpakai untuk hal-hal yang nggak bukan kebutuhan mendesak, lebih baik simpan sebagai dana awal tabungan pendidikan. Buatkan rekening baru agar tabungan THR ini benar-benar terjaga sebagai dana pendidikan dan nggak terpakai untuk pengeluaran sehari-hari. Kalau bingung memilih rekening tabungan yang tepat, saatnya buka saja Tabungan BRI Junio yang memiliki berbagai fitur menarik untuk kebutuhan anak, yuk!

Pembukaan rekening Tabungan BRI Junio bisa dilakukan melalui BRImo, tapi hanya bisa dilakukan oleh orang tua yang sudah memiliki user BRImo. Jadi, pembukaan Tabungan BRI Junio wajib bundling dengan rekening milik orang tua. Rekening orang tua yang dijadikan induk rekening dari Tabungan BRI Junio adalah rekening Tabungan BRI Britama atau Tabungan BRI Simpedes. 

Nah, untuk pembukaan rekening Tabungan BRI Junio sendiri bisa dilakukan secara online lewat BRImo, di mana saja dan kapan saja. Menariknya, ada fleksibilitas Automatic Fund Transfer (AFT) atau fitur transfer otomatis yang bisa membantu orangtua menabung secara konsisten tiap bulan. Jadi nggak hanya modal THR yang didapatkan tahun ini saja, tapi juga bisa dilanjutkan secara berkala setiap bulannya hingga dana pendidikan terkumpul. Orangtua bisa menentukan tanggal pendebetan dan nominal pendebetan setiap bulan. 

Jadi, orangtua tidak akan lupa menabung ke rekening tabungan milik anak. Orang tua juga bisa melakukan monitoring saldo rekening tabungan anak dengan mudah lewat aplikasi BRImo. Tabungan BRI Junio ini juga bebas bebas biaya administrasi bulanan dan dilengkapi berbagai promo menarik untuk mommy and kids. 

Jadi, banyak banget kan moms keuntungan jadi nasabah BRI? Yuk, buruan siapkan biaya pendidikan anak bersama Tabungan BRI Junio via BRImo dan nikmati berbagai keuntungannya! Karena Tabungan BRI, Pas Buatmu!

#TabunganBRIJunio #TabunganAnak #TabunganBRI #JunioviaBRImo #TabunganBRIPasBuatmu 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading