Sukses

Parenting

5 Ciri-ciri Anak yang Cerdas Dan Berbakat

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan tidak menjadi lebih stabil dan mengkristal hingga usia 6 atau 7 tahun. Hal ini disampaikan oleh seorang psikolog yang berlisensi yaitu Han Ren, Ph.D.,. Anak-anak dapat menunjukan kecerdasan pada usia dini seperti pra sekolah, tetapi hal ini bukanlah prediktor yang dapat diandalkan untuk kecerdasan di masa depan. 

Pastinya anak sudah luar biasa di mata kamu sejak lahir. Namun ada beberapa ciri-ciri yang menunjukan jika anak merupakan anak yang cerdas dan pintar dibanding teman seusianya. Dilansir dari romper.com (7/9) ini 5 ciri-ciri anak yang cerdas dan berbakat. Simak penjelasannya.

Dapat melakukan percakapan sejak dini

Kemampuan bahasa berperan dalam melihat kecerdasan pada anak-anak. Jika anak memiliki kosakata yang kaya dan luas, maka kamu mungkin ingin waspada. Davidson Institut menyatakan bahwa penggunaan bahasa secara dini dan produktif merupakan hal umum yang terjadi pada anak-anak yang cerdas dan berbakat.

Anak memiliki perasaan

Jika anak mampu menunjukan kasih sayang dan empati kepada orang lain, maka ini adalah tanda awal dari berbakat untuk berbagi dengan orang lain. Kemampuan untuk berbagi, bermain dengan orang lain, menunjukan kasih sayang, menyelesaikan konflik, dan menerima umpan balik adalah prediktor kesukses hidup yang jauh lebih penting. 

Ingatan yang luar biasa

Memiliki ingatan yang rinci adalah tanda awal kecerdasan. Anak memiliki kemampuan memori tingkat lanjut dimana anak mungkin mengingat di mana mainan di sembunyikan atau dengan cepat mengenali suatu lokasi atau wajah seseorang. 

Anak tidak bisa tidur nyenyak

Jika kamu memiliki anak bayi yang baru lahir atau anak usia sekolah dan mereka tidak bisa tidur dengan nyenyak tentu hal ini membuat frustasi seluruh keluarga. Tetapi sebenarnya ada hikmah dari malam panjang itu. Anak-anak yang cerdas dan berbakat biasanya kurang tidur karena otak mereka sangat terstimulasi sehingga mereka kesulitan untuk tidur. 

Kepribadian anak yang berani

Menjadi introvert bukan hal yang buruk bahkan beberapa tokoh sejarah adalah seorang introvert. Namun jika anak kamu lincah di usia muda, hal tersebut dapat mengindikasikan kecerdasan yang tinggi. Selera humor serta keterampilan sosial yang berkembang adalah tanda-tanda anak yang cerdas.

Sahabat Fimela, demikian 5 ciri-ciri anak yang cerdas dan berbakat. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading