Sukses

Parenting

Kandungan Klorin pada Popok Bayi Picu Iritasi hingga Kanker

Fimela.com, Jakarta Popok atau diaper merupakan barang yang tak bisa lepas dari bayi, karena berfungsi untuk menahan feses dan urine si kecil yang bisa keluar setiap saat. Maka tak heran, jika si kecil akan menggunakan popok sepanjang hari.

Masalahnya, belakangan beredar berita bahwa beberapa merek popok bayi yang ada di pasaran mengandung zat kimia berbahaya seperti pemutih atau lebih dikenal dengan nama klorin. Hal tersebut tentu sangat meresahkan apalagi bagi orangtua.

Dalam jumlah tertentu penggunaan klorin pada popok bayi sekali pakai kabarnya masih tergolong aman. Meski demikian yang namanya zat kimia tentu tetap berbahaya, terlebih bila digunakan setiap hari dan bersentuhan langsung dengan kulit bayi.

dr. Ferdy Limawal, SpA, Dokter Spesialis Anak mengamini hal tersebut. Beliau juga menegaskan bahwa popok bayi sekali pakai yang mengandung klorin sebaiknya memang dihindari, sebab bisa mengakibatkan iritasi dan ruam.

“Apalagi jika kandungan klorin-nya melebihi batas normal, tidak menutup kemungkinan dalam jangka waktu panjang bisa memicu timbulnya kanker lho,” terangnya.

Lebih lanjut, Dokter Ferdy menjelaskan gejala yang bisa dialami bayi ketika menggunakan popok sekali pakai yang mengandung klorin.

“Umumnya akan timbul kemerahan pada area yang terpapar. Kulit menjadi bersisik, gatal hingga bruntusan. Hal tersebut terjadi karena kandungan klorin dapat membuat kulit terasa kering sehingga menyebabkan iritasi serta munculnya risiko alergi pada bayi,” lanjutnya.

Itu sebabnya, Dokter Ferdy mewanti-wanti agar para orangtua bisa lebih selektif saat memilih popok yang akan digunakan buah hati.

“Pastikan untuk memilih popok sekali pakai yang bebas dari zat kimia berbahaya seperti klorin ya. Akan lebih aman jika popok yang digunakan si kecil terbuat dari bahan organik,” tegasnya.

Popok bebas klorin

Maka tak ada salahnya orangtua memilih popok atau diapers dengan bahan Organic dan tersertifikasi seperti merek Offspring yang telah hadir di Indonesia. Selain bebas dari klorin yang dapat dibuktikan dengan diraihnya Certified Non-Toxic, Dermatest Certified, dan Certified Allergy-Safe, Offspring yang merupakan brand premium asal Australia ini juga terbukti memiliki Certified Organic.

Zhi Alatas selaku Influencer sekaligus Ibu dari 3 orang anak yang mengaku cukup picky saat memilih popok sekali pakai untuk buah hatinya.

“Popok merupakan produk yang digunakan sehari-hari dalam waktu yang cukup lama, jadi aku harus pilih popok yang benar-benar aman dan bebas dari zat kimia berbahaya seperti Offspring Diaper. Apalagi anaknya kulitnya cukup sensitif,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, host sekaligus influencer, Jean Girsang, juga menuturkan bahwa dirinya selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk kedua putrinya.

“Dulu, pas anak pertama, aku sering coba-coba merek popok. Niatnya supaya dapat yang harganya murah biar bisa hemat. Eh tapi malah nggak jadi hemat karena kena rash. Akhirnya harus bolak balik ke dokter. Dari kejadian itu akhirnya aku pilih premium brand diaper yaitu Offspring. Memang kalau dihitung pasti price-nya beda. Tapi pasti terasa beda dan nyamannya juga ke anak. Karena ada harga pasti ada kualitas,” ungkapnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading