Sukses

Parenting

Hal yang Perlu Ayah Ketahui dalam Mendidik Anak Perempuan

Fimela.com, Jakarta Mendidik anak agar tumbuh menjadi seseorang yang luar biasa merupakan sebuah kewajiban dari setiap orangtua. Akan tetapi, ada beberapa hal yang seorang ayah harus ketahui saat mendidik anak perempuan karena bukan hanya kasih sayang dan perhatian yang perlu diberikan, tetapi pemahaman perihal kehidupan juga perlu diajarkan kepada anak perempuan. 

Faktanya, anak perempuan memiliki karakteristik yang berbeda dengan anak laki-laki. Bukah hanya karakteristik akan tetapi dinamikanya juga perkembangannya juga berbeda dengan anak laki-laki. Seorang ayah harus mengetahui bagaimana cara yang benar dalam mendidik anak perempuan agar tumbuh menjadi pribadi yang kuat dalam menghadapi masa depan mereka. Namun, seorang ayah harus mengetahui bagaimana cara yang tepat dalam mengajarkan makna kehidupan.

Bukan hanya cara, seorang ayah juga harus mengetahui beberapa hal dasar tentang anak perempuan. Berdasarkan penelitian yang dikutip oleh Happy-child.blog mengatakan bahwa ayah memiliki peran penting dalam perkembangan anak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 2018 yang berjudul “The Impact of Father on the Psychological state of Adolescent girls” mengungkapkan bahwa seorang ayah yang memiliki keterlibatan besar dalam tumbuh kembang anak perempuan anak tumbuh dengan memiliki kesempatan karier dan pencapaian yang tinggi, memiliki kriteria pasangan yang lebih tinggi, kepuasan yang lebih besar dalam hubungan romantis, dan penurunan tingkat stres, depresi, gangguan kecemasan, serta gangguan makan.

Namun, cara mendidik anak perempuan juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa aspek dan konsep yang perlu ayah ketahui sebelum mendidik anak perempuan. Kedekatan dengan anak tidaklah cukup untuk perkembangan anak. Maka dari itu, Happy-child.blog telah meneliti dan memberikan informasi perihal apa yang seorang ayah perlu ketahui sebelum mendidik anak perempuan.

Prinsip kebersihan

Menjaga kebersihan adalah salah satu prosedur terpenting dalam merawat anak kecil. Meskipun sekilas terlihat seperti pekerjaan yang harus dilakukan seorang ibu, tetapi ayah juga harus tahu prinsip dasar dalam kebersihan pribadi terutama pada perempuan. Hal ini karena ayah juga harus secara aktif berpartisipasi dalam mengasuh anak. 

Memang tidak perlu secara langsung memandikan anak, tetapi ayah harus tahu bagaimana cara yang benar untuk menjaga kebersihan terutama terhadap anak perempuan. Ayah juga harus tahu kalau seseorang itu tidak akan selalu ada dalam kehidupan anak perempuan. Ayah harus mengetahui beberapa hal perihal woman hygiene, seperti menstruasi, keputihan, dan lain-lain.

Cari tahu tentang anakmu

Misalnya dads memiliki waktu lebih, luangkan waktu lebih mu itu dengan bijak khususnya untuk mengetahui beberapa skil untuk menjaga anak perempuan seperti, belajar untuk mengikat rambut anak yang sesuai dengan tipe rambut mereka. Biasanya dengan aktivitas menata rambut mereka kamu dapat mengetahui lebih banyak tentang si kecil.

Selain anak perempuanmu senang, kamu juga akan mengetahui lebih banyak tentang anakmu. Tanyakan kepada mereka tentang apa yang mereka suka, guru favorite mereka, kehidupan sosial mereka, dan lain-lain. Dari pembicaraan tersebut kamu biasanya akan syok mendengar apa yang mereka sampaikan.

Ajari anak perempuan tentang skil yang laki-laki ketahui

Ajari anak perempuanmu tentang  skil-skil penunjang di masa depan yang sering dianggap sebagai skil yang maskulin, seperti memperbaiki ban mobil, memperbaiki permasalahan tentang apa yang ada di rumah, latih mereka perihal kemandirian, dan kesabaran.

Ajari mereka terutama dalam hal-hal yang sekiranya seorang perempuan tidak ketahui dan yang terpenting adalah ajari mereka perihal skil yang dibutuhkan di masa depan.

Jangan takut untuk menunjukkan emosi

Tidak tahu bagaimana cara yang benar dalam bersikap atau lainya merupakan hal yang wajar, terutama jika kamu adalah seorang first time father atau kamu tumbuh dilingkungan dimana kamu tidak memiliki seorang saudara perempuan. Banyak ayah saat mendidik anak perempuannya menggunakan cara didik yang sangat ketat. Namun, nyatanya cara didik itu tidak bagus saat mendidik anak perempuan. 

Jika kamu ingin benar-benar memiliki kedekatan dengan anak perempuanmu, usahakan untuk selalu terbuka dengan anak perempuanmu. Tunjukkan kalau kalian itu peduli dengan cara terbuka dengan mengeluarkan sisi sensitif kalian. Caranya adalah dengan mengajak mereka bermain sambil bergosip, nonton film bersama, atau bikin father daughter date. Jangan takut untuk menangis di depan anak-anakmu.

Berikan contoh yang baik

Jika kamu ingin anakmu tumbuh yang baik terutama dalam bidang percintaan, kamu harus memberikan contoh yang baik terutama dalam bidang percintaan. Berikan contoh yang benar dengan cara memperlakukan istrimu dengan baik. Jika hubungan intim tersebut sudah terbentuk biasanya mereka akan mulai terbuka terutama dalam dunia percintaan. Mereka pastinya akan meminta saran kamu perihal kehidupan percintaan mereka.

Bimbinglah anakmu ke jalan yang benar, ajari mereka perihal konsep-konsep percintaan yang benar dan sehat. Ingat, saat mereka bercerita tentang kehidupan percintaan mereka jangan langsung dilarang atau di tentang karena hal tersebut akan membuat mereka semakin menjadi, jelaskan dan contohkan mereka tentang apa arti cinta. Utamakan kebahagiaan mereka terlebih dahulu. Berikan contoh seperti apa rasa hormat antar pasangan. Ajari mereka dan jaga mereka agar mereka tidak menjadi korban kekerasan dalam hubungan.

 

Terbuka dengan anakmu

Poin ini bisa menjadi poin yang sangat penting terutama tentang bagaimana cara yang benar saat seorang ayah berinteraksi dengan anak perempuannya. Sebagai seorang ayah, seharusnya kalian tidak boleh terlalu segan-segan atau malu saat mengangkat beberapa macam topik perihal seks, pakaian provokatif, narkoba, atau beberapa topik yang penting lainnya terutama dengan putri kalian.

Angkat topik-topik ini saat kamu tahu kalau putri kamu sedang dalam suasana hati yang senang agar tidak memancing perdebatan yang tidak diinginkan. Sampaikan kepada purtrimu kalau kamu akan dengan senang hati akan menjawab semua pertanyaan mereka. Hal ini memiliki tujuan agar putrimu dapat belajar untuk membuat keputusan yang benar dan mengatakan “tidak” jika mereka merasa tidak nyaman.

Berbagi rahasia

Siapa suka mengetahui rahasia sesama, apalagi perempuan. Nasihat ini diberikan bukan tanpa alasan melainkan ada alasannya tersendiri. Berbagi beberapa rahasia kepada anak perempuanmu, apalagi rahasia tersebut akan memberikan mereka pelajaran baru. Biasanya dari rahasiamu itu, putrimu secara tidak langsung akan memproyeksikan beberapa macam cara mereka dalam menangani permasalahan terutama dalam kehidupan mereka. 

Meminta saran dengan anakmu

Tidak ada salahnya dalam meminta saran kepada anak perempuanmu. Bahkan dengan meminta saran dengan putrimu akan memperkuat koneksi emosional dengan mereka. Disisi lain kamu akan mendapatkan sudut pandang yang berbeda terutama dalam menghadapi suatu permasalahan atau situasi. Terkadang, anak akan lebih tahu dan lebih kompeten terutama dalam permasalahan tertentu yang mereka kuasai. 

Jangan salahkan anak perempuan karena terlalu emosional

Jangan pernah menyalahkan mereka jika mereka terlalu emosional atau saat mereka menanggapi beberapa hal secara berlebihan. Karena terkadang perempuan memang memiliki emosi yang berbeda dengan laki-laki. Disisi lain kalau orang banyak sekali hubungan antara ayah dan anak perempuan mereka tidak berhasil karena “karakter”. Faktanya, perempuan memiliki 11% lebih banyak neuron di daerah otaknya di mana hal tersebutlah yang bertanggung jawab atas respon yang diberikan oleh perempuan. 

Oleh karena itu kamu tidak boleh menyalahkan putrimu terutama saat mereka menunjukkan emosi secara berlebihan, tetapi tunjukkan rasa toleransi dan yang terpenting adalah kebijaksanaan.  

Selalu mengingatkan tentang rasa sayang mu

Semua anak pasti memiliki titik di mana mereka merasa bahwa mereka tidak dicintai oleh orang tua mereka apalagi anak perempuan. Tunjukkanlah bagaimana rasa cintamu kepada putrimu. Selalu tekankan kalau kalian mencintai mereka setulus hati. Berikanlah mereka perhatian yang lebih dan buatlah mereka merasa kalau kamu akan selalu ada disisi mereka entah itu dalam keadaan yang sulit atau tidak. Terkadang anak perempuan membutuhkan kepastian dan penekanan terhadap rasa cinta yang diberikan oleh seseorang.

 

Penulis: Sherly Julia Halim.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading