Sukses

Parenting

Stimulasikan Kecerdasan Otak Anak Dengan Aktivitas Sederhana Serta Permainan Yang Digemarinya

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan merupakan anugerah yang dimiliki oleh individu. Dengan kecerdasan yang baik kamu akan dapat memiliki kemampuan untuk menyerap informasi secara maksimal serta dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik.  Untuk memiliki kecerdasan yang baik, sebagai orangtua harus mempersiapkan hal-hal yang menjadi pendukung seperti aktivitas yang menunjang kecerdasan anak.

Salah satu cara untuk memaksimalkan kecerdasan yang dimiliki adalah dengan menstimulasikan kecerdasan otak sedini mungkin. Hal ini perlu dilakukan orangtua sebab kemampuan kognitif bahkan motorik anak akan terbentuk dan terasah sebaik mungkin. Orangtua dapat menggunakan berbagai media untuk menstimulasikan kecerdasan otak anak. 

Meskipun begitu, masih banyak orangtua yang bingung dengan cara untuk menstimulasikan kecerdasan otak anak. Ternyata tidak perlu melakukan aktivitas yang begitu wah dan berlebihan, kamu cukup libatkan anak pada aktivitas sederhana dan jarang disadari oleh orangtua berikut serta permainan yang disukainya. Informasi dari Nurturey.com dan Emmy’s Mummy and Harry dapat membantumu untuk menstimulasikan kecerdasan otak anak. 

1) Tunjukkan rasa cinta dan kasih sayang pada anak

Ternyata perbuatan sederhana nan sepele seperti menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang pada anak dapat membantu menstimulasikan kecerdasan otak anak. Jika anak percaya akan kasih sayang serta rasa cinta yang cukup, pemikiran anak akan memudahkan untuk mencoba berbagai hal yang disukainya, mengamati, hingga mempelajarinnya. Jika anak lebih insecure, ia tidak akan dapat fokus pada hal sekitarnya. Maka dari itu, buat eye contact dan tunjukkan rasa cinta dan kasih sayang pada anak. 

2) Biarkan anak berkreasi 

Ada sebagian orangtua yang khawatir dan takut ketika anak mencoba berkreasi dengan menggunakan media yang dapat membuat anak menjadi ‘kotor’. Kamu tidak perlu khawatir sebab saat ini berbagai media yang menstimulasi kecerdasan otak anak juga telah disesuaikan serta dibuat dengan bahan yang tentunya kids friendly. Maka dari itu, sebagai orangtua biarkan saja anak untuk memotong benda, mencampurkan benda, menempel, hingga mewarnai benda-benda yang dimainkan oleh anak. Selain untuk menstimulasikan kecerdasan, jika anak dapat berkreasi dengan baik, kemampuan motoriknya juga akan semakin terasah. 

3) Tidur yang cukup dan bermimpi indah 

Anak-anak membutuhkan setidaknya 8 jam untuk tidur agar dapat memahami dan mempelajari informasi yang mereka dapatkan pada siang harinya. Dengan tidur yang cukup, mereka akan mudah mengingat kembali informasi seperti materi pelajaran karena sudah tersimpan di dalam memorinya. Maka jika kamu adalah orangtua yang konsisten mengatur jam tidur anak yang cukup, kamu sudah melakukan kerja bagus. 

Melalui permainan anak juga merupakan kegiatan sederhana yang dapat menstimulasikan kecerdasan otak anak

1) Libatkan anak untuk memilih mainan yang digemarinya 

Ketika membelikan mainan untuk anak, cobalah untuk tidak ‘mengabaikan’ apa yang anak gemari. Kebanyakan mainan adalah kunci untuk membuat anak tertarik untuk meningkatkan kemampuan mereka khususnya kemampuan kognitif. Hal ini dikarenakan mainan yang digemari membuat anak menjadi penasaran serta tertantang untuk lebih imaginatif. Hal ini tentu saja akan membantu menstimulasikan kecerdasan otak anak. 

2) Gunakan permainan kids friendly yang imajinatif serta strategis 

Permainan anak yang dapat meningkatkan kecerdasan anak dengan berbagai arah tentunya merupakan cara sederhana yang terbaik untuk menstimulasi kecerdasan otak anak serta meningkatkan kemampuan imajinatifnya. Permainan dengan gaya open ended serta tanpa baterai menjadi pilihan yang tepat sebab tidak mudah untuk menghentikan aktivitas anak pada waktu bermain. Misalnya mainan lego bricks atau permainan lain yang termasuk permainan imajinatif dan strategis ini juga tidak hanya menstimulasikan kecerdasan otak anak saja tetapi juga meningkatkan kemampuan berpikir kreatif serta mengajarkan anak untuk mengoperasikan berbagai permainan dengan baik. 

3) Selain permainan yang imajinatif dan strategis, coba pilih mainan dengan set yang berbeda

Ketika memilih mainan untuk menstimulasikan kecerdasan otak anak, kamu juga harus mempertimbangkan mainan dengan tipe set skills yang berbeda. Permainan yang berbeda-beda set skills nya akan membuat anak memiliki tujuan untuk mencoba berbagai skills yang berbeda. Tipe-tipe tersebut bisa berupa permainan seperti lompat tali bahkan sepeda yang dapat meningkatkan kemampuan fisik mereka. Tentu saja opsi mainan lain yang bisa digunakan antara lain kartu, monopoly, bahkan catur juga dapat dipilih untuk meningkatkan strategi anak. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading