Sukses

Parenting

5 Faktor Utama yang Berpengaruh Pada Kecerdasan Anak

Fimela.com, Jakarta Orangtua mana yang tak ingin memiliki buah hati cerdas dengan wawasan luas? Bisa dipastikan bahwa semua orangtua menginginkan akan hal ini. Tapi, bagaimana kita mendapatkan anak cerdas Mom? Kira-kira apa saja yang bisa memberi pengaruh besar terhadap kecerdasan anak seiring dengan pertumbuhan dan perkembangannya? 

Mengutip dari laman parents.com, kecerdasan anak adalah hasil dari sejumlah faktor yang kompleks dan beragam. Kecerdasan anak bisa dipengaruhi oleh sejumlah faktor utama. Dan ini bisa disadari dengan baik oleh setiap orangtua. Berikut beberapa faktor utama yang berpengaruh besar terhadap kecerdasan anak. Simak baik-baik. 

Faktor Genetik

Faktor genetik memainkan peran penting dalam menentukan kecerdasan anak. Anak mewarisi sejumlah faktor genetik dari orangtua mereka. Genetik ini bisa berpengaruh terhadap banyak hal dalam diri anak termasuk kecerdasannya. Anak-anak dari orangtua yang cerdas, besar kemungkinan akan melahirkan anak yang cerdas pula. Ini juga berpengaruh pada kemampuan intelektual, kemampuan belajar dan predisposisi terhadap karakteristik tertentu. Misal kreativitas, kecerdasan analitis, atau kecerdasan emosional.

Lingkungan Keluarga

Lingkungan keluarga berperan besar dalam perkembangan kecerdasan anak. Faktor seperti pola asuh, interaksi dengan orangtua, budaya keluarga, dan akses terhadap sumber daya pendidikan bisa membentuk kecerdasan anak. Penting bagi orangtua untuk memberikan lingkungan keluarga yang menyenangkan sejak anak berusia sedini mungkin. Semakin baik lingkungan keluarga anak, semakin baik pula kesempatan anak untuk bertumbuh serta berkembang secara optimal.

Stimulasi Intelektual

Adanya stimulasi intelektual seperti membaca, bermain puzzle, mengajukan pertanyaan dan eksplorasi lingkungan, adalah faktor utama yang membentuk kecerdasan anak selanjutnya. Stimulasi intelektual memiliki pengaruh besar pada kecerdasan anak. Anak yang didorong untuk aktif berpikir dan menjelajahi dunia sekitarnya, seringkali memiliki perkembangan intelektual yang lebih baik.

Pendidikan yang Didapat Anak

Kualitas pendidikan yang diterima atau didapat oleh anak, juga akses terhadap sumber daya pendidikannya, sangat berpengaruh besar terhadap kecerdasan anak. Ini juga berdampak besar pada perkembangan dan kreativitasnya. Lingkungan pendidikan yang baik, guru yang berkualitas dan akses ke buku, teknologi serta sumber daya pendidikan lainnya, memiliki pengaruh besar yang tak boleh diremehkan begitu saja. 

Nutrisi dan Kesehatan

Nutrisi yang didapat anak setiap harinya, juga kesehatannya, berpengaruh besar terhadap kecerdasan anak. Anak yang mendapat nutrisi cukup serta seimbang, juga memiliki kesehatan optimal setiap harinya, ini memungkinkannya bertumbuh dan berkembang secara cerdas. Ini juga membantu anak memiliki fungsi otak yang lebih optimal. Anak ini juga rendah terhadap risiko berbagai masalah termasuk stunting. 

Itulah sekian hal yang penting yang berpengaruh besar terhadap kecerdasan anak. Orangtua penting untuk mengoptimalkan aneka hal atau faktor di atas jika menginginkan anak yang jauh lebih cerdas. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading