Sukses

Parenting

Cara Mendidik Anak dengan Sensory Play Ala Ning Nila Istri Gus Iqdam, Bisa Tingkatkan Rasa Ingin Tahu Anak

Fimela.com, Jakarta Pendakwah muda asal Blitar, Muhammad Iqdam Kholid, yang akrab disapa Gus Iqdam resmi menikah dengan Ning Nila pada tanggal 24 Februari 2021. Pasangan ini telah dikaruniai seorang putra yang diberi nama Ahmad Novel Zubaidi Al-Munawwar, sering disebut sebagai Gus Novel.

Istri Gus Iqdam adalah putri dari pengasuh pondok Lirboyo di Kabupaten Kediri, KH Thoha Widodo Zaini Munawwir. Ning Nila sendiri kerap membagikan beberapa foto dan momen dari Gus Novel melalui akun Instagram pribadinya.

Salah satu highlight story pada akunnya @nihaayah._ memposting berbagai sensory play yang dilakukan oleh Gus Novel. Postingannya ini dapat menjadi inspirasi bagi seorang ibu untuk melakukan sensory play bersama anaknya di rumah.

Melansir Only About Children, sensory play mendorong proses pembelajaran melalui eksplorasi, keingintahuan, pemecahan masalah, dan kreativitas Hal ini juga berperan dalam membangun hubungan saraf dalam otak serta mendorong pertumbuhan bahasa dan keterampilan motorik.

Berikut beberapa kegiatan sensory play yang dibagikan Ning Nila di akun Instagramnya, dikutip Kamis (2/11/2023).

Melukis

Gus Novel terlihat sedang melakukan kegiatan melukis dalam highlight story Instagram Ning Nila. Melukis sendiri dapat meningkatkan kreativitas anak. Selain itu, kegiatan ini merupakan visual play yang membuat anak dapat mengenali warna. 

Bermain dengan Bola

Sensory play yang diberikan oleh Ning Nila selanjutnya adalah bermain dengan bola plastik warna-warni. Dengan permainan seperti ini, anak mampu mengasah motorik halus dengan meremas bola-bola yang tersedia. 

Mengenal Bentuk Buah

Ibu dari Gus Novel ini selanjutnya membagikan sensory play lainnya yang pernah dimainkan oleh anaknya. Dalam story Instagramnya, terdapat papan yang ditempeli berbagai bentuk buah-buahan. Permainan seperti ini bertujuan agar tangan anak mampu mengenali berbagai tekstur benda.

Memasukkan Benda

Istri dari Gus Iqdam ini juga memberikan inspirasi kegiatan sensory play lainnya yang dapat dilakukan di rumah dengan mudah. Memasukkan benda ke dalam benda lain melalui lubang yang disediakan. Bentuk-bentuk yang dapat dibuat juga bisa disesuaikan dengan alat dan bahan yang tersedia di rumah. Aktivitas ini baik untuk indra peraba anak. 

Menarik Benda

Permainan yang berbeda dari sebelumnya ini dapat melatih kepekaan otot-otot anak dengan menarik benda yang ada. Ning Nila membuat papan mainan sensory play dengan sangat kreatif. Ia menempelkan kertas berwarna di papan putih yang dapat ditarik oleh Gus Novel.

Berbagai Pertanyaan seputar Ning Nila

Ning Nila itu Siapa?

Ning Nila merupakan cucu dari KH Abdul Karim, seorang ulama ternama di Indonesia yang juga pendiri Pesantren Lirboyo di Kediri. Lokasi pesantren ini terletak di sebelah barat Sungai Brantas, berada di lembah gunung Willis di Kota Kediri.

Siapa Istri Gus Iqdam Muhammad?

Pada tahun 2021, Gus Iqdam mengikat pernikahan dengan Aning Nilatin Nihayah, yang merupakan anak dari Almaghfurlah KH. Thoha Widodo Zaini Munawwir yang berasal dari Pondok Pesantren Lirboyo. Setelah memulai hidup berumah tangga, Gus Iqdam dan pasangannya, Ning Nila, diberikan anugerah seorang putra yang diberi nama Gus Novel.

Berapa Usia Gus Iqdam?

Lahir pada 27 September 1993, saat ini Gus Iqdam berusia 30 tahun.

Berapa Bersaudara Gus Iqdam?

Gus Iqdam adalah putra bungsu dari KH Kholid dan Lam'atul Walidah. Dia mempunyai tiga orang saudara.

Kenapa Disebut Ning?

Ning adalah sebutan yang digunakan untuk merujuk pada anak perempuan dari seorang kiai.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading