Sukses

Parenting

Ini Alasan Penting Orangtua Perlu Meluangkan Waktu Bermain dengan Anak

Fimela.com, Jakarta Dunia anak-anak adalah dunia bermain. Hanya saja kadang kita sebagia orangtua malah stres dan marah-marah melihat anak yang tak pernah diam dan selalu mengajak kita bermain. Di tengah kesibukan dan rutinitas yang padat, kita seringkali mengabaikan kebutuhan anak untuk bermain.

Ada alasan penting kenapa orangtua perlu menyempatkan waktu untuk bermain dengan anak. Zahra Zahia dalam buku Islamic Montessori menuliskan bahwa bermain merupakan dunia yang tidak terpisahkan dari kehidupan anak-anak. Apabila kita tidak menyempatkan waktu untuk bermain dengan mereka, berarti kita sedang menjauhkan diri terhadap kehidupan anak.

Di dalam proses mendidik anak, kita tentu memahami bahwa karakteristik, pola pikir, dan keunikan setiap anak berbeda. Cuma memang seringkali tingkah pola dan perilaku mereka sangat menguras emosi dan energi kita. Dalam mendampingi anak, penting pula untuk bersikap sabar dan lemah lembut. Saat bermain bersama anak, kita bisa mengarahkan mereka untuk menstimulasi pancaindra mereka.

Misalnya, pada anak usia 3-6 tahun, kita bisa memberi mereka kegiatan-kegiatan seperti melihat pemandangan di luar rumah, mencoba berbagai macam rasa makanan dan minuman, mendengarkan suara yang sering didengar anak, mengenalkan berbagai macam aroma, dan mengenalkan berbagai tekstur benda. Maksimalkan waktu bermain ini untuk belajar dan mengenal banyak hal supaya ke depannya mereka bisa lebih semangat dan mudah belajar hal-hal baru.

Jadi, tak perlu langsung marah dan stres ketika anak meminta kita ikut bermain dengannya. Luangkan wakt dan manfaatkan peluang ini untuk belajar.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading