Sukses

Parenting

Segera Batalkan Puasa jika Ibu Menyusui Mengalami Hal Ini Saat Puasa

Fimela.com, Jakarta Menjalankan ibadah puasa Ramadan merupakan kewajiban umat muslim, baik perempuan maupun pria yang telah akil baligh atau memenuhi syarat dan ketentuan untuk menjalankan ibadah puasa. Meskipun berpuasa merupakan sebuah kewajiban, ada beberapa orang yang diperbolehkan untuk meninggalkannya.

Namun, tentu terdapat ketentuan bagi muslim/muslimah yang diperbolehkan untuk meninggalkan puasa, salah satunya harus melakukan qadha puasa yang bolong tersebut pada hari lain di luar bulan Ramadan. Diantara sekian banyak yang termasuk diperbolehkan, salah satunya adalah ibu menyusui.

Hal tersebut diatur dengan mempertimbangkan kondisi ibu menyusui yang dikhawatirkan bisa mengganggu kesehatan buah hati maupun kesehatan pribadinya jika memaksakan berpuasa. Ibu menyusui juga bisa membatalkan puasa jika mengalami beberapa hal selama berpuasa sambil menyusui.

Prioritaskan Kesehatan: Kapan Sebaiknya Ibu Menyusui Berhenti Berpuasa?

Melansir dari laman merdeka.com, ibu menyusui disarankan segera membatalkan puasa jika ia mengalami dehidrasi parah hingga membuatnya kehausan parah. Ia juga penting segera membatalkan puasa jika mendapati urinnya berwarna gelap dan berbau tajam, merasa sangat lesu, lemah bahkan nyaris pingsang serta ibu menyusui merasa sakit kepala hebat.

Sebaiknya ibu menyusui juga membatalkan puasa ketika mendapati ASI yang diproduksinya menurun drastis bahkan nyaris tidak memproduksi sama sekali dan bayi tampak lemas. Jika pun ibu menyusui tetap ingin berpuasa selama Ramadan, sebaiknya ia memperhatikan lagi kesehatanannya dan buah hatinya.

Sahabat Fimela, jika kamu bersikeras untuk tetap berpuasa, ingatlah bahwa ibu menyusui juga harus mengonsultasikan keinginanannya untuk berpuasa kepada dokter terlebih dulu. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita bisa semakin bijak dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan yang penuh kemuliaan serta keberkahan ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading