Sukses

Parenting

Ciri-ciri Anak Manja, Kenali Sejak Sedini Mungkin Sahabat Fimela

Fimela.com, Jakarta Orangtua mana yang tak bahagia ketika mendapati buah hati tumbuh kembang menjadi anak yang sehat dan cerdas? Setiap orangtua pasti akan merasa bahagia. Untuk itu, demi tumbuh kembang anak yang terbaik, tidak jarang orangtua akan memberikan yang terbaik buat buah hati, menuruti semua keinginannya dan mengasuhnya dengan penuh kasih sayang tanpa kurang satu apapun.

Namun Mom, ingin yang terbaik buat buah hati sebenarnya baik. Hanya saja jika pola asuh yang diberikan kurang tepat dan anak terbiasa mendapat apa yang inginkan, dikhawatirkan ini akan membuat anak menjadi pribadi yang manja. Ketika anak melakukan kesalahan dan orangtua tetap membelanya tanpa memberinya nasehat dengan alasan kasihan, ini justru akan membuat sikap buruk anak kebablasan.

Agar anak tidak kebablasan menjadi anak yang manja, ketahui ciri-ciri anak mulai manja sejak usianya sedini mungkin. Berikut ciri-ciri anak yang manja.

Sering Tantrum

Bagi anak balita tantrum adalah hal yang wajar dilakukan. Namun jika tantrum dilakukan secara berlebihan dan terlalu sering, ini harus diatasi dengan sebijak mungkin. Anak yang sering tantrum apalagi ketika meminta sesuatu, ini menandakan bahwa ia mulai manja.

Tidak Mau Melakukan Sesuatu Sendiri dan Dua Lainnya

Tidak Mau Melakukan Sesuatu Sendiri

Anak yang manja umumnya tidak mau melakukan sesuatu sendiri. Meski ia bisa melakukan sesuatu sendiri, ia akan merengek dan minta ayah atau ibunya yang melakukan sesuatu tersebut untuknya. Anak yang terus menerus minta dilayani segala kebutuhannya saat usianya lebih dari 5 tahun, ini bisa menandakan bahwa si anak menjadi pribadi yang manja.

Tidak Mau Berbagi

Melansir dari laman hellosehat.com, anak yang tidak mau berbagi namun sering minta lebih dari orangtua atau orang yang ada di dekatnya menandakan jika anak ini tumbuh dan berkembang jadi anak manja. Untuk mencegah sifat manja anak, ajarkan anak berbagi dengan orang lain sejak usianya sedini mungkin.

Tidak Menghormati Orang Lain

Ciri selanjutnya dari anak manja adalah anak tidak mau menghormati orang lain. Anak sangat sulit buat minta maaf, mengucapkan terimakasih atau pun berkata sopan dengan orang yang lebih tua maupun yang lebih muda darinya.

Itulah beberapa ciri anak yang bersikap manja. Jika mendapati sikap ini pada buah hati, pastikan untuk memberikan nasehat terbaik untuk anak. Ajarkan anak untuk bersikap lebih manis, ramah dan baik lagi dengan sekitarnya. Menyayangi dan perhatian ke anak sebenarnya boleh, namun jangan sampai berlebihan dan membuatnya menjadi pribadi yang manja.

Semoga informasi ini bermanfaat ya Mom.

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading