Sukses

Parenting

5 Tips Menciptakan Kedekatan dengan Bayi yang Baru Lahir

ringkasan

  • Perbanyak Pelukan
  • Respons Tangisannya
  • Ajak Mengobrol

Fimela.com, Jakarta Berkomunikasi dengan bayi yang baru lahir tak selalu mudah. Tapi bukan berarti kita tak bisa membangun kedekatan dan ikatan emosional dengannya. Ada beberapa cara yang bisa kita coba untuk membangun ikatan dengan buah hati tercinta.

Bayi menggunakan bahasa tubuhnya dalam menyampaikan pesannya ketika butuh sesuatu. Dia juga menggunakan bahasa tubuhnya saat ingin terhubung dengan kita dan mempererat ikatan. Seperti tersenyum, memberi kontak mata, membuat suara-suara, dan menangis. Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menciptakan kedekatan dengannya.

1. Perbanyak Pelukan

Sering-seringlah menyentuh dan memeluk si kecil. Dilansir dari raisingchildren.net.au, kita bisa menggendong atau mengayunnya. Beri sentuhan dan pelukan lembut untuk membuatnya mearsa nyaman. Sentuhan langsung dengan kulit pun akan menciptakan kedekatan sendiri.

2. Respons Tangisannya

Kita mungkin tak pernah tahu alasan si kecil menangis. Tapi dengan meresponsnya, kita akan membantunya merasa aman. Tak perlu merasa tertekan dengan tangisan si kecil, ya moms.

3. Ajak Mengobrol

Memang si kecil belum bisa memahami semua kata kita. Ia pun tak bisa merespons kata-kata kita. Tapi dengan mengajaknya mengobrol atau membacakan cerita untuknya, kita akan membantu si kecil lebih mengenali suara kita. Saat besar nanti, ia pun bisa belajar bahasa dengan lebih baik.

4. Jaga Kontak Mata

Saat berbicara, berbicara, atau menunjukkan ekspresi wajah, jaga kontak mata dengannya. Dengan menjaga kontak mata, kita membantunya memahami hubungan antara kata-kata dan perasaan.

5. Stimulasi Indera Perasanya

Sejak lahir, bayi bisa merasakan sentuhan yang paling lembut dan halus sekaligus. Kita bisa menstimulasi indera perasanya dengan menyentuhkan kain yang lembut pada kulitnya. Mengelus-elus tubuhnya dengan perlahan juga bisa memberi rasa nyaman tersendiri pada si kecil.

Nikmati setiap momen kebersamaan dengan buah hati tercinta. Kedekatan dan komunikasi yang dibangun sejak dini akan sangat membantu tumbuh kembangnya kelak.

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading