Sukses

Parenting

5 Manfaat Bimbel Bagi Anak, Mulai dari Meningkatkan Minat Belajar hingga Mengasah Kecerdasan

Fimela.com, Jakarta Bimbel atau program bimbingan belajar adalah kegiatan yang biasanya diselenggarakan oleh lembaga atau institusi yang bergerak pada bidang pendidikan untuk memberikan layanan belajar secara privat ataupun berkelompok dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam memahami pelajaran di sekolah. Di Indonesia sendiri, bimbel merupakan hal yang dianggap penting selain sekolah.

Biasanya anak-anak atau para siswa mengikuti bimbel untuk mengatasi kesulitan-kesulitan belajar yang mereka alami di sekolah. Bimbel terdiri dari tentor atau pengajar dan siswa, bisa secara privat ataupun berkelompok. Jika ada hal-hal yang tidak bisa dipecahkan di sekolah karena waktu belajar yang terbatas, maka biasanya siswa akan melanjutkannya di program bimbel.

Bimbel menjadi program yang disukai oleh para siswa maupun orangtua karena biasanya program ini menawarkan sesuatu yang berbeda dari rutinitas yang ada di sekolah. Semua kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa dan metodenya pun dibuat semenarik mungin hingga siswa bisa belajar dengan nyaman.

Nah, selain konsep dan metodenya yang menarik, nyatanya bimbel memang memberikan sejumlah manfaat bagi anak. Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 manfaat bimbel bagi anak, mulai dari meningkatkan minat belajar hingga mengasah kecerdasan. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Meningkatkan Minat Belajar

Manfaat bimbel bagi anak yang pertama pastinya adalah dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar. Itulah alasannya mengapa konsep dan metode yang dibuat di bimbel selalu berusaha untuk membuat anak semakin nyaman dalam belajar. Program di bimbel memahami bahwa untuk mencapai kesuksesan belajar, maka anak harus bisa menyukainya terlebih dahulu.

Jika anak sudah menyukai dan nyaman dengan tempat dan metode pembelajaran, maka mereka akan menyukai pelajaran tersebut dan akhirnya berpengaruh terhadap minat dan bakatnya. Tentu saja hal-hal seperti belum tentu mereka dapatkan di sekolah karena berbagai keterbatasan, oleh karena itulah bimbel hadir.

Membantu Memecahkan Masalah Belajar

Manfaat bimbel yang kedua bagi anak ialah membantu memecahkan masalah belajar anak. Pastinya selama mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah, aka nada masa dimana anak belum memahami dengan bai kapa yang diajarkan oleh gurunya sehingga mereka membutuhkan pembelajaran ekstra untuk mengerti dan menguasai materi.

Kebutuhan tersebut bisa dipenuhi melalui bimbel, anak akan punya lebih banyak waktu untuk bertanya sembari memecahkan masalah belajar yang tengah dihadapi. Alhasil, ketika kembali belajar di sekolah, anak akan lebih paham dan semakin siap untuk menerima materi baru yang lainnya.

Mengalokasikan Waktu Luang dengan Kegiatan yang Bermanfaat

Berikutnya, manfaat bimbel yang ketiga ialah membuat anak bisa memanfaatkan waktu luang yang dimiliki dengan kegiatan yang lebih bermanfaat seperti belajar dan mengulang pelajaran di sekolah agar semakin paham. Pastinya hal ini jauh lebih baik ketimbang anak mengisi waktu luang sehabis sekolah dengan bermain gadget yang bisa menyebabkan kecanduan.

Jika diisi dengan bimbel, maka anak tidak hanya memanfaatkan waktu luang tetapi juga memaksimalkan proses belajarnya. Tentu saja metode yang akan digunakan di bimbel biasanya menggabungkan permainan dengan pembelajaran sehingga tidak membosankan dan tetap menarik untuk diikuti.

Mendapat Teman Baru

Selanjutnya, manfaat bimbel yang keempat ialah anak bisa mendapatkan teman baru apabila program bimbel yang dipilih adalah program in group atau berkelompok. Tentu saja hal ini adalah kegiatan yang positif, tidak hanya mengasah kemampuan belajar tetapi juga dapat bersosialisasi dengan teman sebayanya sehingga pembelajaran akan lebih menyenangkan.

Menariknya lagi, metode yang diajarkan di bimbel juga biasanya akan banyak menggunakan permainan secara berkelompok sehingga anak-anak yang berada dalam satu kelompok akan menjadi lebih akrab dan saling mengenal.

Mengasah Kecerdasan

Terakhir, manfaat bimbel yang kelima ialah dapat mengasah kecerdasan, hal ini karena biasanya beberapa bimbel memiliki metode yang unik bagi anak agar mempermudah dalam memahami materi pelajaran. Contohnya, beberapa bimbel menyiapkan strategi berupa jargon atau kode-kode khusus yang bisa dihapal oleh anak untuk mengerjakan suatu rumus tertentu.

Pastinya metode-metode seperti itu dapat mengasah kecerdasan anak dalam memahami mata pelajaran. Untuk mengerti dan menghapal sebuah kode dan rumus tertentu akan melatih anak untuk lebih kreatif.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading