Sukses

Parenting

5 Cara Memilih Skincare untuk Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Ibu yang sedang hamil akan mengalami perubahan jenis kulit, karena hormon di dalam tubuh ibu hamil sering berubah-ubah. Beberapa ibu yang hamil, ada yang kulitnya berubah jadi berjerawat dan ada yang berubah jadi kering.

Untuk mengatasi masalah kulit, ibu hamil bisa menggunakan skincare yang sesuai dengan masalah kulit. Tetapi sayangnya, ada beberapa kandungan yang tidak bisa digunakan ibu hamil.

Kesalahan memilih skincare untuk ibu hamil, bisa membahayakan janin yang ada di dalam kandungan. Berikut cara memilih skincare untuk ibu hamil, dilansir dari berbagai sumber:

Cara Memilih Skincare

1. Kenali Jenis Kulit

Cara memilih skincare yang pertama adalah mengenali jenis kulit terlebih dahulu. Saat hamil, hormon meningkat dan mempengaruhi sirkulasi darah, sehingga akan berpengaruh terhadap perubahan kulit ibu hamil. Biasanya kulit cenderung lebih sensitif dan mudah iritasi.

2. Gunakan Pelembap

Saat hamil, kulit wajah bisa terlihat lebih kering dan berminyak. Sehingga membutuhkan pelembap untuk mengembalikan kelembapan kulit, mengontrol produksi minyak di wajah dan mencerahkan kulit yang kusam.

3. Gunakan Sunscreen

Tentu saja ibu yang sedang hamil tetap harus menggunakan sunscreen, setiap pagi dan siang hari walaupun beraktivitas di dalam ruangan. Tetapi sunscreen yang boleh digunakan adalah sunscreen yang tidak mengandung avobenzone, homosalate, octisalate, oxtocylene hingga oxybenzone

4. Gunakan Sabun Herbal

Saat mencuci wajah, ibu hamil bisa menggunakan sabun wajah yang terbuat dari bahan herbal, yang tidak mengandung pewangi buatan atau deterjen yang berlebihan. Sabun herbal ini bisa membantu menyeimbangkan pH kulit dan menjaga kelembapan kulit ibu hamil.

5. Gunakan Masker Organik

Untuk mengeksfoliasi kulit, ibu hamil bisa menggunakan masker yang berbahan organik, seperti tomat, jeruk nipis, yogurt dan sebagainya. Hindari mengeksfoliasi wajah dengan skincare yang mengandung AHA, BHA atau retinol.

Kandungan yang Aman untuk Ibu Hamil

1. Salicylic Acid

Kandungan bahan aktif yang bisa digunakan yang pertama adalah salicylic acid. Kandungan ini aman digunakan sehari 2 kali, dengan konsentrasi kurang lebih 2 persen. Kandungan ini memiliki sifat sebagai antibakteri dan antiinflamasi.

2. Hyaluronic Acid

Kandungan yang kedua adalah hyaluronic acid, yang bisa membantu melembapkan kulit dan menghidrasi kulit. Kandungan ini juga aman untuk digunakan ibu hamil, karena bisa meningkatkan kolagen kulit.

3. Niacinamide

Niacinamide adalah kandungan yang bisa membantu mencegah jerawat dan mencerahkan kulit. Kandungan ini bersifat sebagai antioksidan, yang mampu melindungi lapisan kulit dari paparan radikal bebas.

4. Vitamin C

Kandungan bahan aktif yang terakhir adalah vitamin C. Kandungan ini bisa mencerahkan kulit, mencegah inflamasi, menghilangkan flek hitam dan membantu mencegah hiperpigmentasi kulit.

Kandungan Bahan Alami untuk Ibu Hamil

Selain menggunakan skincare yang mengandung bahan aktif, untuk menjaga kesehatan kulit saat hamil, ibu hamil bisa menggunakan skincare yang memiliki kandungan dari bahan alami. Berikut kandungan alami yang bisa digunakan untuk merawat kulit ibu hamil:

Lidah Buaya

Karena hormon yang berubah-ubah bisa menyebabkan kulit wajah menjadi lebih sensitif, ibu hamil bisa menggunakan gel lidah buaya untuk mengatasi kulit sensitif. Sifat dari kandungan lidah buaya ini bisa membantu melembapkan kulit, mengurangi rasa gatal, menghilangkan kemerahan dan menenangkan kulit.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah minyak alami yang bisa digunakan untuk merawat kulit kering. Ibu hamil bisa mengoleskan minyak zaitun ini ke area wajah, tangan, kaki hingga puting. Kandungan di dalam minyak zaitun ini mampu menutrisi kulit dan mengembalikan kelembapan kulit.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa atau yang dikenal dengan virgin coconut oil, adalah minyak yang berfungsi untuk menyembuhkan jerawat, melembapkan kulit, menyembuhkan luka, mencerahkan wajah, meningkatkan kolagen dan mencegah penuaan dini, yang bisa digunakan untuk ibu hamil.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading