Sukses

Parenting

5 Manfaat Menggendong Bayi dengan Metode M-Shape yang Harus Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Ikatan antara bayi dengan orangtuanya mulai terbentuk sejak berada dikandungan, melalui berbagai stimulus yang dilakukan oleh orangtua, bayi akan merasakan kehangatan dan kasih sayang orangtua terhadapnya. Setelah lahir, ikatan batin akan semakin terbentuk melalui sentuhan satu sama lain salah satunya adalah sentuhan antara ibu dan bayi. 

Tentu saja semuanya dilakukan dengan menggendong bayi, saat ini juga sudah banyak metode menggendong bayi yang beragam. Namun para ibu harus memilah metode menggendong mana yang cocok dan aman serta dapat dilakukan dengan mudah terutama bagi bayi yang baru lahir. Jika salah memilih metode menggendong akan berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan bayi. 

Salah satu metode menggendong yang populer serta menjadi rekomendasi untuk para ibu dan bayi adalah metode M-Shape. Pernah mendengar metode yang satu ini? Metode ini melibatkan posisi bayi yang disesuaikan ketika masih berada dalam kandungan. 

Bahkan, metode M-Shape telah menjadi standar internasional karena memberikan manfaat yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Tidak hanya itu, bayi juga akan merasakan bagaimana terhubung dengan ikatan antara bayi dan orangtuanya. Apa saja manfaat menggendong bayi dengan metode M-Shape? Berikut manfaat menggendong bayi dengan metode M-Shape yang FIMELA rangkum dari morulaiyf Indonesia untuk Sahabat FIMELA. 

Serba-serbi metode M Shape yang harus kamu tahu

Metode M-Shape merupakan metode menggendong bayi yang disesuaikan dengan posisi bayi kita masih berada dalam kandungan. Menggendong dengan metode M-Shape menyesuaikan bentuk kaki dengan posisi belakang badannya di posisi C. 

Metode M-Shape ini dapat dilakukan mulai dari bayi baru lahir hingga bayi sudah dapat berjalan. Meskipun banyak yang mengkhawatirkan metode yang satu ini, namun menggendong dengan metode M-Shape merupakan metode yang aman dan direkomendasikan serta menjadi standar internasional karena sangat bermanfaat untuk bayi. 

Jenis bedongan yang dapat digunakan agar maksimal dalam menggendong bayi menggunakan metode M-Shape ini adalah dengan menggunakan bedongan M-Shape maupun bedongan dengan tekstur yang lembut, keduanya dapat membuat bayi lebih nyaman. 

Namun kamu harus pastikan memilih tipe dan merek yang baik karena tidak semua jenis bedongan ramah digunakan untuk bayi yang baru lahir. Agar lebih aman kamu bisa gunakan merek luar karena dilengkapi dengan pad yang lebih aman untuk bayi baru lahir sekalipun. 

Manfaat menggendong bayi dengan metode M-Shape

1) Praktis dan mudah dilakukan bahkan ketika bepergian

Manfaat pertama metode M-Shape adalah sangat praktis dan mudah dilakukan ketika bepergian sembari membawa bayi. Dengan metode M-Shape juga kamu tidak perlu membawa stroller, selain karena lebih praktis dan memudahkan, bayi juga akan terasa nyaman dalam gendongan orangtuanya. 

2) Membuat bayi terasa aman 

Menggendong bayi dengan metode M-Shape ini membuat posisi bayi menempel pada dada ibunya. Posisi tersebut dapat melindungi bayi dari tangan-tangan orang lain yang ingin menyentuhnya. Beberapa studi juga menemukan bahwa bayi yang sering disentuh oleh tangan orang lain akan memberikan efek buruk bagi kesehatan seperti demam dan flu karena bakteri yang menempel pada tubuhnya. Dengan metode M-Shape inilah bayi terlindungi dan merasa aman. 

3) Dapat menenangkan bayi 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Potential Therapeutic Benefits of Babywearing. ketika bayi ingin disuntik dan sebelumnya telah digendong dengan metode M-Shape setidaknya selama 15 menit, potensi bayi menangis akan berkurang setidaknya sebanyak 65%. Selain itu, metode M-Shape juga dapat memudahkan bayi untuk tertidur pulas. Metode satu ini juga menunjukkan peningkatan kemampuan psikomotorik serta pengurangan rasa stres pada bayi berusa 12 bulan. 

4) Baik untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan sosial

Manfaat metode M-Shape lainnya juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan sosialnya. Bayi yang digendong dengan metode ini dapat melihat interaksi yang dilakukan kedua orangtuanya. Mereka juga dapat mendengar apa yang dikatakan oleh orangtuanya serta dapat terlibat langsung dengan kegiatan orangtua mereka, dari sinilah bayi lebih mudah untuk berinteraksi langsung dengan lingkungannya. 

5) Mengurangi risiko depresi pasca melahirkan 

Metode M-Shape ini tidak hanya bermanfaat untuk perkembangan bayi tetapi juga amatlah baik bagi orangtua terutama para ibu pasca melahirkan. Seperti yang kita ketahui adanya perubahan hormon pasca melahirkan dapat mengakibatkan depresi pasca melahirkan, dengan metode M-Shape para ibu dapat lebih percaya diri dan menjaga kesehatan mental ibu. Selain itu, metode M-Shape juga memudahkan para ibu untuk kembali beraktivitas dengan baik apalagi juga karena sentuhan kulit ke kulit antara ibu dan anak dapat membuat ibu lebih rileks sehingga risiko depresi pasca melahirkan semakin berkurang. 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading