Sukses

Parenting

Manfaat Bermain Peran untuk Anak yang Perlu Kamu Ketahui

Fimela.com, Jakarta Hal apa yang paling menyenangkan saat liburan adalah bermain bersama dengan keluarga. Nah, tahukah kamu jika bermain sambil belajar adalah metode pembelajaran yang mudah diserap oleh anak? Seperti bermain peran atau Role Play yang disebut juga bermain simbolik, fantasi, imajinasi, atau bermain drama. 

Bermain peran bisa menjadi dasar perkembangan daya cipta, daya ingatan, kerjasama kelompok, penyerapan kosa kata, dan pengendalian diri. Kualitas pengalaman bermain peran tergantung pada beberapa faktor, antara lain: 

  1. Cukupnya waktu untuk bermain
  2. Ruang yang cukup
  3. Adanya peralatan untuk mendukung bermacam-macam adegan permainan.

Manfaat Bermain Peran Menurut Psikolog

Menurut Erikson, seorang ahli psikologi anak, terdapat dua jenis bermain peran, yaitu bermain peran mikro dan makro. Bermain peran mikro dimaksudkan bahwa anak memainkan peran dengan menggunakan alat bermain berukuran kecil, misalnya orang-orangan kecil yang lagi berjual beli. Sedangkan bermain peran makro, anak secara langsung bermain menjadi tokoh untuk memainkan peran-peran tertentu sesuai dengan tema misalnya peran sebagai ayah, ibu, dan anak dalam sebuah rumah tangga.

Orangtua bisa mengajak si kecil bermain peran di KidZania Jakarta, karena bermain peran juga memiliki manfaat untuk anak dalam melatih kecerdasannya. Agar anak-anak cerdas, sehat dan berkualitas, rangsangan yang dilakukan harus dalam suasana bermain terus menerus dan bervariasi. Didukung juga dengan stimulan-stimulan yang meningkatkan kerja otak yang dibutuhkan sejak dini oleh anak-anak. 

Di KidZania Jakarta, anak-anak dapat bermain lebih dari 110 peran profesi yang ada di dunia nyata yang biasa dilakukan orang dewasa. Aktivitas permainan di KidZania sudah dirancang untuk dapat mengoptimalkan sistem motorik halus, kasar dan panca indera anak. Luangkan waktu bersama si kecil di musim liburan ini untuk bermain di KidZania dengan durasi lebih lama dan bisa mencoba wahana lebih banyak lagi dengan membeli tiket “One Day Pass” (bermain 10 jam).  Info lengkap hubungi 021-5154-888 atau  follow instagram @kidzaniajakarta.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading