Sukses

Parenting

6 Ciri-ciri Anak Cerdas yang Memiliki IQ Tinggi, Bisa Dideteksi Sejak Dini!

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan bisa dimiliki setiap orang, namun mereka juga perlu mengasah kecerdasan agar tidak memudar. Kecerdasan seseorang dapat diketahui sejak dini. Usia muda seperti anak-anak dapat memperlihatkan beberapa ciri yang menandakan mereka adalah anak yang cerdas. Tentunya, ini juga berkat peran orangtua bagaimana mereka membesarkan anaknya. Kecerdasan anak dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor misalnya seperti lingkungan, keluarga dan lainnya.

Nah, untuk mengetahui kecerdasan anak, Mom dapat mencari tahu tanda-tandanya sejak dini. Melansir dari learningliftoff.com (29/12) berikut beberapa ciri-ciri anak yang cerdas. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Memori Luar Biasa

Tentu saja, daya ingat yang baik penting bagi anak untuk mempelajari dan menyimpan informasi baru, baik di sekolah maupun di rumah. Faktanya, menurut psikolog dan penulis Tracy Packiam Alloway, “memori kerja tidak hanya terkait dengan pembelajaran (dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi), tetapi juga dengan pengambilan keputusan dalam aktivitas sehari-hari.” Satu kata peringatan, penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dengan ingatan yang baik juga lebih baik dalam berbohong. 

2. Keterampilan Membaca Awal

“Membaca bagi pikiran sama halnya dengan olahraga bagi tubuh,” tulis penulis esai asal Inggris Joseph Addison. Rata-rata, anak-anak yang sangat cerdas mulai membaca penglihatan sebelum usia empat tahun, sementara sebagian besar anak-anak mendekati usia enam atau tujuh tahun sebelum mereka mencapai tahap ini. Ada banyak tahapan dalam membaca, dan anak-anak harus belajar mengenali dan memahami kata-kata sebelum mereka dapat mulai membaca sendiri. Beberapa anak mungkin akan menemukan kesenangan membaca di kemudian hari, tetapi begitu mereka mulai membaca, anak-anak yang cerdas sering kali akan ketagihan.

3. Rasa Ingin Tahu

Menurut Harvard Business Review, “rasa ingin tahu sama pentingnya dengan kecerdasan”, dan memiliki pikiran yang ingin tahu adalah indikator keberhasilan yang baik. Anak-anak yang banyak bertanya menunjukkan keinginan bawaan untuk belajar. Ketika mereka mencari kesempatan untuk belajar dimanapun mereka berada, mereka semakin mengembangkan pikiran dan kecerdasan mereka.

4. Kemampuan Bermain Alat Musik

Penelitian menunjukkan adanya hubungan antara menjadi bermusik dan menjadi cerdas, dan para peneliti percaya bahwa anak-anak mendapat manfaat akademis ketika mereka menerima pendidikan musik. Semua orang tua harus mengenalkan anak mereka pada musik sejak usia dini, meskipun mereka tidak memiliki bakat musik tertentu. Para peneliti percaya bahwa pelatihan musik berdampak pada otak dan membuka kemampuan berpikir kreatif.

5. Menetapkan Standar Tinggi

Anak-anak yang cerdas dan orang dewasa yang sukses cenderung menetapkan standar yang tinggi bagi diri mereka sendiri. Mereka memiliki kebutuhan naluriah untuk berkembang dan berbuat lebih baik di bidang yang penting bagi mereka. Dorongan ini juga membantu mereka dalam mempelajari keterampilan baru dan mata pelajaran sekolah dengan kemampuan terbaik mereka. Terlalu fokus pada bidang minat tertentu juga bisa menjadi tanda IQ tinggi.

6. Banyak Bicara dengan Orang Dewasa

Anak-anak berbakat sering digambarkan sebagai “orang dewasa kecil” karena kematangan mereka yang dini, kesadaran yang lebih besar terhadap kejadian terkini, dan kecenderungan mereka untuk mengobrol dengan orang dewasa dibandingkan dengan anak-anak lain. Anak yang sangat cerdas mungkin adalah anak yang mengobrol dengan orang dewasa di pesta ulang tahun daripada bermain dengan anak lain. Menikmati percakapan dan membicarakan berbagai topik juga merupakan tanda kecerdasan pada anak.

Bahkan jika seorang anak saat ini tidak menunjukkan beberapa tanda-tanda IQ tinggi, dia masih bisa menjadi seorang jenius di masa depan. Para ahli tidak sepakat mengenai apakah seseorang terlahir jenius atau berkembang menjadi jenius seiring berjalannya waktu, namun sebagian besar sepakat bahwa pengasuhan, lingkungan positif anak, sangat berkaitan dengan kemampuan masa depan dan peluang keberhasilannya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading