Sukses

Parenting

5 Tips untuk Membantu Bayi Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas

Fimela.com, Jakarta Umumnya, bayi memerlukan waktu tidur lebih panjang dibandingkan dengan anak-anak apalagi orang dewasa. Bayi di bawah usia 1 tahun, setidaknya memerlukan waktu tidur lebih dari 12 jam setiap harinya. Tidur yang cukup, nyenyak dan berkualitas pada bayi, bisa memberikan banyak manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Jadi, sangat penting bagi orangtua untuk memerhatikan kualitas tidur bayi di rumah ya. 

Bagaimana kiranya membantu bayi tidur lebih nyenyak dan berkualitas? Ada beberapa tips atau cara yang bisa Mom coba agar buah hati di rumah memiliki tidur yang lebih nyenyak. Adapun tips tersebut antara lain sebagai berikut. 

Bangun Rutinitas Tidur yang Konsisten

Membangun rutinitas tidur yang konsisten, akan membantu bayi merasa tenang dan siap untuk tidur. Mulailah dengan mandi atau pijatan ringan. Mom bisa melanjutkan aktivitas ini dengan membacakan cerita atau menyanyikan lagu-lagu tidur baginya. Hal ini bisa membantu bayi tidur secara lebih konsisten setiap harinya.

Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Pastikan kamar tidur bayi memiliki suhu yang nyaman. Suhu yang disarankan tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Gunakan lampu tidur yang lembut atau cahaya redup saat malam hari. Ini akan membuat suasana kamar yang tenang, nyaman dan menyenangkan. Pastikan juga bahwa kasur, bantal dan selimut tidur bayi bersih serta wangi.

Berikan Rasa Nyaman Melalui Rasa Aman

Bayi umumnya merasa nyaman ketika merasa aman. Penggunaan selimut atau mainan tidur favorit bayi, bisa membantu menciptakan rasa kenyamanan dan keamanan saat tidur. Pendampingan Mom juga berperan penting dalam menciptakan kenyamanan ini. Hindari juga menempatkan bayi tidur di tempat yang kotor, berisik atau penuh dengan polusi. Hal seperti ini sama sekali tidak memberi kenyamanan apalagi keamanan.

Tentukan Pola Tidur yang Sesuai Kebutuhan Bayi

Setiap bayi memiliki pola tidur yang berbeda. Mengamati dan mengidentifikasi pola tidur yang sesuai dengan kebutuhan bayi, akan cukup membantu mengatur jadwal tidur yang tepat.

Beri Pijatan atau Sentuhan Lembut Sebelum Tidur

Pijatan lembut sebelum tidur bisa membantu merilekskan bayi. Sentuhan lembut dan pelukan, akan memberikan rasa nyaman sebelum tidur. Sentuhan lembut dan penuh kasih sayang dari Mom, akan membantu bayi merasa dilindungi. Ketika hatinya tenang, ini tentu membantunya tidur lebih rileks, nyenyak dan berkualitas. 

Perlu diketahui, bahwa setiap bayi unik dan mungkin merespons berbagai metode tidur dengan cara yang berbeda. Penting untuk bersabar dan konsisten dalam menerapkan rutinitas tidur yang baik serta tepat. Jika dengan berbagai rutinitas yang dinilai tepat bayi tak kunjung pula dapatkan tidur nyenyak serta berkualitas, jangan segan untuk mengonsultasikan hal ini dengan dokter anak atau ahlinya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading