Sukses

Parenting

10 Peran Penting Seorang Ibu untuk Tumbuh Kembang Anak

Fimela.com, Jakarta Seorang ibu dapat sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Beliau mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan tumbuh kembang anak. Kehidupan orangtua berubah ketika anak mereka lahir. Seorang ibu harus memenuhi setiap kebutuhan anaknya dan mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan dirinya. Meskipun semua ibu sadar akan tugasnya, namun akan lebih mudah bagi ibu jika mereka memahami peran dan tanggung jawabnya secara menyeluruh.

Menjadi seorang ibu juga mengubah seluruh hidup dan gaya hidup. Sejak hamil, Mom harus menjalani berbagai jenis tantangan dan kejutan. Disadari atau tidak, Mom terus-menerus melakukan banyak hal untuk anak. Dan berikut ini adalah beberapa peran seorang ibu bagi tumbuh kembang anak. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Ikatan Emosi Terkuat dengan Anak

Seorang ibu adalah orang pertama yang mengenal dan berhubungan dengan anaknya. Bahkan setelah melahirkan, ibu adalah pemberi perawatan pertama bagi anak-anaknya. Cara mereka berinteraksi dengan anak pada bulan-bulan dan tahun-tahun awal meninggalkan dampak yang mendalam pada anak. Hal ini akan tercermin dalam lingkungan sosial dan emosional anak di tahun-tahun berikutnya.

2. Memberikan Lingkungan yang Layak bagi Pembangunan yang Tepat

Ibu bertanggung jawab terhadap lingkungan yang diperoleh anak sejak awal. Memberikan ruang yang tepat untuk bergerak, berkreasi dan bermain menawarkan lingkungan yang tepat untuk perkembangan anak.

3. Perkembangan Perilaku Anak

Seorang ibu mengenal anaknya lebih dari siapapun. Oleh karena itu, perkembangan perilaku anak diawasi dengan ketat. Mengamati anak dan mendengarkan suaranya memberikan gambaran kepada ibu tentang apa yang terjadi dalam dirinya.

4. Menanamkan Kepercayaan dan Keamanan

Ibu dapat mengajarkan anak bagaimana percaya dan dapat dipercaya. Ketika anak memahami hal ini, ia akan menjadi percaya diri dan aman secara emosional. Berada di dekat anak-anak saat mereka membutuhkan Mom dan bantu mereka menjadi lebih baik. Cinta dan dukungan tanpa syarat dari ibu akan membantu mereka meningkatkan diri.

5. Ikatan Keluarga

Seorang ibu membantu anaknya belajar tentang pentingnya keluarga karena dia adalah tulang punggung keluarga dan menyatukan semua orang. Makan bersama keluarga dan dorong anak untuk menghabiskan waktu bersama anggota keluarga.

6. Bersikap Baik, Penuh Kasih dan Peduli

Jika Mom bersikap baik, penuh kasih sayang, dan perhatian kepada anak dalam aktivitas sehari-hari, otomatis hal itu akan mengajarkannya untuk menjadi orang yang sama ketika ia besar nanti. Perilaku Mom terhadap anak memiliki dampak jangka panjang terhadap perkembangannya tidak hanya ketika ia masih kecil, namun setelah ia tumbuh dewasa juga.

7. Bersikap Bijaksana dan Sensitif

Ketika Mom memahami dan menyikapi dengan baik cara berpikir anak, anak Mom akan tumbuh menjadi pribadi yang sensitif. Dia juga akan bisa memahami sudut pandang orang lain. Hal ini akan sangat membantu dalam menjaga hubungan.

8. Sikap Positif

Karena seorang ibu lembut dan menangani segala sesuatunya dengan cara yang positif, hal ini mengajarkan kepada anak bahwa tidak peduli betapa sulitnya hidup, ia dapat ditangani dengan cara yang lebih baik. Mom dapat mendiskusikan masalah tersebut dengan anak dan menjelaskan bagaimana Mom akan mengatasinya.

9. Peranan Rutin dan Disiplin dalam Kehidupan

Karena seorang ibu membantu anaknya mempertahankan pola yang teratur di masa-masa awal, hal ini menyampaikan pesan bahwa segala sesuatunya dapat diatur dengan mudah dan nyaman dengan mengikuti rutinitas.

10. Kerja Keras

Seorang anak belajar bekerja keras dari ibunya. Di sisi lain, anak mungkin melihat bahwa pada akhirnya Mom merasa lelah, namun jika Mom menjelaskan kesenangan dan kepuasan yang diperoleh dari bekerja keras, pesan yang tepat akan tersampaikan.

Seorang ibu mendukung dan membantu anaknya dalam meningkatkan dirinya sepanjang hidupnya. Peran seorang ibu sangat mempengaruhi perkembangan dan kesejahteraan anak secara keseluruhan.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading