Sukses

Parenting

5 Tips Agar Anak Tumbuh Lebih Tinggi dan Optimal

Fimela.com, Jakarta Pertumbuhan anak-anak menjadi tinggi memerlukan perhatian khusus dari orangtua. Mungkin banyak kita temukan bahwa anak-anak dengan orangtua yang punya tinggi badan pas-pasan, memiliki tinggi yang optimal serta mengesankan. Beberapa ahli setuju jika tinggi orangtua, berpengaruh besar pada tinggi anak. Tapi nyatanya, tinggi anak tidak serta merta karena pengaruh genetik saja Sahabat Fimela. 

Banyak hal yang bisa berpengaruh pada tinggi badan anak. Pengaruh itu mulai dari nutrisi yang ia dapatkan setiap hari, gerak tubuh atau aktivitas fisik yang dimiliki, kebutuhan cairan hingga kecukupan waktu istirahat sehari-hari. Melalui pola hidup yang tepat dan sehat, juga beberapa cara tertentu, anak bisa bertumbuh tinggi secara optimal. Berikut ini beberapa cara atau tips agar anak tumbuh tinggi yang perlu diperhatikan orangtua. 

Cukupi Nutrisinya

Tips yang paling utama adalah cukupi kebutuhan nutrisi anak. Kebutuhan nutrisi tersebut terutama kalsium, protein, vitamin dan zat besi. Beberapa makanan seperti susu, yogurt, keju, daging, ikan, buah-buahan segar, sayuran hijau, kacang-kacangan dan sejenis, adalah makanan terbaik yang mengoptimalkan pertumbuhan tinggi anak. Aneka makanan ini juga bisa memaksimalkan perkembangan anak dan meningkatkan kecerdasannya. 

Penting bagi setiap orangtua untuk memberikan anak nutrisi terbaiknya sejak usia sedini mungkin. Nutrisi ini bahkan disarankan untuk dicukupi sejak anak mendapat MPASI pertama di hidupnya. 

Biasakan Anak Memiliki Aktivitas Fisik dan Olahraga Cukup

Anak-anak perlu terlibat dalam berbagai aktivitas fisik dan olahraga. Bersepeda, berenang, bermain bola, atau aktivitas fisik lainnya membantu perkembangan tulang dan ototnya. Aneka aktivitas fisik ini juga sangat memungkinkan anak tumbuh lebih tinggi, sehat dan kuat. Manfaat dari aktivitas fisik yang cukup, tidak hanya dirasakan anak saat mereka berusia anak-anak saja. Tapi itu juga akan dirasakannya saat ia dewasa kelak.

Cukupi Kebutuhan Cairan

Air membantu menjaga kelembaban tubuh dan mendukung pertumbuhan sel dan jaringan. Pastikan anak cukup minum air setiap hari. Anak juga bisa mendapat cairan tambahan dari minuman sehat seperti susu segar. Susu adalah sumber kalsium dan protein yang kaya nutrisi. Pilih susu yang sesuai dengan usia anak, cukup mendukung pertumbuhan tulangnya yang sehat. Ini juga membantunya bertumbuh lebih tinggi. 

Pastikan Tidur Anak Cukup

Tidur merupakan waktu di mana pertumbuhan dan pemulihan tubuh terjadi. Pastikan anak memiliki rutinitas tidur yang teratur, dan mendapatkan jumlah tidur yang mencukupi sesuai dengan usianya. Kecukupan waktu tidur, tidak hanya mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badannya saja. Ini juga bermanfaat buat meningkatkan kesehatan tubuhnya secara menyeluruh dan meningkatkan kecerdasannya.

Kelola Stres yang Baik

Memberikan dukungan emosional dan menciptakan lingkungan yang positif, membantu anak mengelola stres dengan lebih baik. Pengelolaan stres yang baik ini bisa mengoptimalkan kesehatan anak termasuk pertumbuhan tinggi badannya. Anak yang bisa mengelola stres dengan baik, juga cenderung bahagia sehingga makin sehat mentalnya. 

Mendukung pertumbuhan tinggi anak melibatkan kombinasi nutrisi seimbang, aktivitas fisik, dan kebiasaan hidup sehat. Dengan memberikan perhatian khusus pada kebutuhan nutrisi dan memastikan gaya hidup yang mendukung, orangtua bisa membantu anak tumbuh tinggi dengan optimal. Walau orangtua tak memiliki tinggi maksimal, saat orangtua mendukung peningkatan tinggi anak secara maksimal lewat tips di atas, tidak menutup kemungkinan anak bisa bertumbuh lebih tinggi dan optimal. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading