Sukses

Parenting

Terungkap Cara Sederhana Nikita Willy Agar Tetap Waras Terhindar dari Stres saat Mengasuh Anaknya

Fimela.com, Jakarta Setelah menjadi seorang ibu, Nikita Willy kerap kali membagikan kegiatannya bersama putranya, Issa. Mulai dari Mpasi, bermain, hingga cara menidurkan baby Issa.

Nikita Willy pun tetap bekerja setelah memiliki anak. Ia mengatakan rutinitasnya masih sama hanya saja lebih memilih pekerjaan yang akan di ambil.

“Kegiatannya setelah punya anak masih sama, tapi sekarang lebih memilih pekerjaannya saja dan lebih sering di rumah,” kata Nikita.

Dengan padatnya aktivitas, Nikita pun tentu rasa stres pun dirasakan bagaimana ia harus menyimbangkan waktunya antara pekerjaan, keluarga, hingga diri sendiri. Bahkan, sebelum punya anak hal yang ditakutkan adalah tidak memiliki waktu untuk diri sendiri.

“Sama seperti ibu-ibu lainnya pasti merasa stres, kayak ko ngga punya waktu sendiri setelah punya anak. Sebelum punya anak itu yang ditakutkan, waktu happy-happy ngga ada,” katanya.

Namun, Nikita pun banyak belajar hingga konsultasi ke pakar dan teman-teman yang telah berkeluarga, Nikita pun memiliki cara agar ia tetap memiliki mental health yang sehat dan tetap memiliki waktunya sendiri. Pertama yang menurutnya sangat agar ibu tidak stres ialah support system.

“Support system itu luar biasa sangat penting, seperti bagi tugas sama suami aku. Mamah aku bantu, mertua juga deket. Jadi kapanpun aku butuh mereka tinggal telepon saja. Jadi andalan banget, jadi jangan malu untuk minta bantuan,” papar Nikita Willy yang juga jadi Brand Ambassador Baby HUKI

Terapkan rutinitas

Selain itu, kunci agar Nikita Willy tetap waras setelah memiliki anak ialah menerapkan rutinitas keluarga yang konsisten. Menerapkan rutinitas membuat anak mandiri dan memudahkan ibu untuk memiliki me time.

“Rutinitas yang kita bentuk membuat anak mandiri dan aware dengan apa yang dilakukan. Jadi lebih gampang diatur. Rutinitas juga buat ibu lebih mudah me time, self care, me time bareng suami. Apalagi ibu bekerja, bisa dengan mudah mengatur waktu kalau sudah punya rutinitas,” kata Nikita.

Nikita mengatakan jika rutinitas belum terbentuk, maka rasa stres mudah datang karena merasa tidak ada waktu. Namun jika memiliki rutinitas, kita sudah tau jadwal keluarga kita dari bangun, makan, hingga tidur kembali. Jadi, menemukan rutinitas yang konsisten hidup jauh lebih mudah.

“Jadi rutinitas aku itu, kalau anak sama suami masih tidur aku mentime dengan jalan di treadmill 1000 langkah, lalu mandi air dingin yang membuat aku segar. Kerjain kerjaan pas anak tidur, nonton film. Setelah menjadi ibu, me time ternyata sangat murah kaya cukup tiduran sambil lihat media sosial,” paparnya.

Ia juga menyampaikan jika meluangkan waktu minimal 30 menit bisa memenuhi kebutuhan anak untuk bermain dan stimulasi yang bisa jadi satu rutinitas yang bermanfaat bagi perkembangan anak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading