Sukses

Parenting

5 Tanda Anak Mengalami Keterlambatan Bicara yang Perlu Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Kemampuan berbicara adalah salah satu kemampuan penting dalam perkembangan anak. Dengan kemampuan berbicara yang baik, ini bisa membantunya untuk berkomunikasi dengan orang lain dan menyampaikan kebutuhan serta pikiran mereka dengan baik pula.  Namun, ada beberapa anak yang mengalami keterlambatan dalam perkembangan dalam bicara mereka. 

Keterlambatan bicara pada anak umumnya ditandai dengan beberapa hal. Adapun tanda-tanda tersebut antaranya sebagai berikut.

Keterlambatan dalam Mengucapkan Kata Pertama

Salah satu tanda pertama keterlambatan bicara pada anak adalah ketidakmampuan mereka untuk mengucapkan kata pertama pada usia yang diharapkan. Biasanya, anak mulai mengucapkan kata pertama mereka sekitar usia 12-18 bulan. Namun, jika seorang anak mencapai usia 2 tahun tanpa mengucapkan kata pertamanya, itu bisa menjadi tanda ia keterlambatan bicara.

Keterbatasan dalam Kosa Kata

Anak-anak yang mengalami keterlambatan bicara cenderung memiliki keterbatasan dalam kosakata mereka. Mereka cenderung, memiliki jumlah kata yang terbatas. Umumnya, mereka juga kesulitan untuk mengungkapkan pikiran dan keinginannya dalam bentuk kata-kata.

Kesulitan Menyusun Kalimat

Keterlambatan bicara pada anak juga ditandai dengan kemampuan anak dalam menyusun kalimat. Anak-anak ini cenderungi kesulitan dalam menyusun kalimat yang lengkap dan jelas. Mereka mungkin mengucapkan kata-kata secara terpisah, atau menggunakan bahasa yang sederhana dan tidak lengkap untuk mengungkapkan isi hati atau keinginannya. 

Kesulitan dalam Berkomunikasi

Keterlambatan bicara juga rentan memengaruhi kemampuan seorang anak untuk berkomunikasi dengan orang lain. Bisa jadi, mereka akan kesulitan dalam memahami instruksi atau petunjuk yang diberikan kepada mereka. Mereka juga rentan kesulitan berkomunikasi dengan baik saat bersama orang lain. Terkadang, mereka juga akan merasa frustasi karena tidak mampu menyampaikan pikiran dan perasaannya dengan jelas.

Kesulitan dalam Mengikuti Petunjuk

Anak-anak yang mengalami keterlambatan bicara rentan memiliki kesulitan dalam mengikuti petunjuk atau arahan yang diberikan kepada mereka. Mereka mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk memahami apa yang diharapkan dari mereka, atau mungkin memerlukan bantuan tambahan untuk menjalankan tugas-tugas yang diberikan kepadanya. 

Itulah sekian tanda anak mengalami keterlambatan bicara. Meski begitu, penting untuk diingat bahwa setiap anak memiliki tumbuh kembang masing-masing. Ada anak-anak yang memang memiliki perkembangan lebih cepat dari anak seusianya atau sebaliknya. Jika menemukan tanda di atas pada diri anak, jangan tunggu lebih lama untuk mengonsultasikan hal ini ke ahlinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading