Sukses

Parenting

6 Hal yang Bisa Dilakukan Orangtua untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Fimela.com, Jakarta Peran orangtua dalam membentuk kecerdasan anak sangatlah penting. Ya, orangtua adalah orang pertama yang bisa menentukan cerdas tidaknya anak di masa depan. Pola asuh, nutrisi yang diberikan orangtua ke anak, serta sikap mereka ke anak, berpengaruh besar pada tumbuh kembang anak secara keseluruhan termasuk pada kecerdasan otaknya. 

Dari masa bayi hingga masa remaja, ada banyak hal yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu anak-anak mereka berkembang secara optimal. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu meningkatkan kecerdasan anak. Berikut ini beberapa hal tersebut seperti dikutip dari laman parents.com.

Membaca Bersama

Membaca bersama anak adalah salah satu cara terbaik untuk merangsang perkembangan otak anak. Bacakan anak cerita-cerita yang menarik dan mendidik. Ajak pula anak untuk berdiskusi tentang cerita tersebut. Ini tidak hanya membantu meningkatkan keterampilan membaca dan pemahaman anak, tetapi juga memperluas wawasan mereka tentang dunia. Ini juga meningkatkan kecerdasannya secara optimal sejak usianya sedini mungkin. 

Bermain Permainan yang Mendidik

Permainan pendidikan seperti teka-teki, permainan papan, dan permainan memori tidak hanya menyenangkan, tetapi juga membantu melatih kemampuan kognitif anak. Orangtua bisa memilih permainan yang sesuai dengan usia dan minat buah hati. Cobalah untuk menyempatkan waktu bermain bersama anak untuk meningkatkan keterampilan belajar dan berpikirnya. 

Dorong Kreativitas Anak

Mendorong kreativitas anak juga bisa membantu mereka mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kritisnya. Berikan anak-anak kesempatan untuk bereksperimen dengan seni dan kerajinan, bermain musik, atau menulis cerita mereka sendiri. Biarkan mereka mengekspresikan ide-ide dan imajinasi mereka dengan bebas. Hal ini akan membantu meningkatkan kecerdasan anak secara optimal. 

Perkenalkan Keterampilan Hidup

Selain keterampilan akademis, orangtua juga bisa membantu anak mengembangkan keterampilan hidup yang penting. Ajarkan mereka tentang manajemen waktu, pengaturan keuangan, dan kemampuan sosial seperti cara berkomunikasi pun kerja sama. Ini akan membantu mereka menjadi pribadi yang lebih mandiri. Ini juga membantu anak untuk lebih siap menghadapi berbagai tantangan hidup di masa depan.

Menjaga Lingkungan Belajar yang Positif

Menciptakan lingkungan belajar yang positif di rumah sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan anak. Pastikan ada waktu dan tempat yang tenang untuk belajar, dan sediakan buku-buku dan sumber daya pendidikan yang sesuai. Dukung minat anak untuk lebih giat belajar dan mencari berbagai pengetahuan baru dari sekelilingnya. 

Berikan Dukungan dan Pujian

Dukungan dan pujian dari orangtua bisa menjadi motivasi yang kuat bagi anak-anak untuk terus belajar dan berkembang. Berikan pujian yang tulus atas pencapaian mereka. Berikan pula dorongan saat mereka menghadapi kesulitan. Jangan lupa, untuk memberikan dukungan tanpa syarat padanya untuk mengejar impian dan tujuannya selama ini. 

Ya, orangtua memiliki peran yang penting dalam membantu anak-anaknya berkembang secara optimal. Sesibuk apapun aktivitas orangtua di kehidupan sehari-hari, jangan pernah lalai untuk meluangkan waktu untuk membersamai anak-anak bertumbuh dan berkembang. Ini memiliki banyak manfaat tak hanya pada kecerdasannya tetapi juga pada kebahagiaan dan peningkatan rasa percaya dirinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading