Sukses

Parenting

Tips Mudik Bersama Buah Hati agar Perjalanan Lebih Nyaman

Fimela.com, Jakarta Mudik bersama buah hati yang masih kecil bisa menjadi pengalaman yang menantang. Ini juga bisa lebih menguras tenaga serta emosi selama perjalanan. Tetapi, dengan persiapan yang tepat, Mom tentunya bisa tetap memiliki perjalanan mudik yang nyaman, tenang dan aman. Dengan persiapan yang tepat, Mom dan keluarga juga akan memiliki perjalanan mudik yang lebih menyenangkan.  

Mendekati hari lebaran, tentunya tak sedikit keluarga yang melakukan perjalanan mudik. Lantas, bagaimana untuk mendapatkan pengalaman mudik menyenangkan meski dengan membawa buah hati yang masih kecil? Berikut ada beberapa tips mudik bersama buah hati agar perjalanan makin nyaman dan menyenangkan.

Persiapkan dengan Matang

Mulailah dengan memiliki persiapan perjalanan yang matang. Siapkan segala sesuatu yang diperlukan, mulai dari perbekalan makanan, pakaian, hingga mainan atau buku-buku yang bisa menghibur anak selama perjalanan. Kesiapan yang matang sangat penting untuk mewujudkan perjalanan terbaik selama mudik tahun ini. 

Atur Waktu Perjalanan dengan Bijak

Usahakan untuk berangkat pada waktu yang tepat, misalnya menjelang pagi atau menjelang malam agar anak bisa tertidur selama perjalanan. Hindari berangkat saat anak biasanya mengantuk atau merasa lapar. Waktu sangat berperan penting bagi kenyamanan dan ketenangan di perjalanan.

Kenalkan Anak pada Perjalanan Jauh

Jika anak belum pernah melakukan perjalanan jauh sebelumnya, cobalah untuk memperkenalkannya dengan berkendara atau menggunakan transportasi umum dalam perjalanan yang lebih pendek terlebih dahulu. Hal ini bisa membantu anak merasa lebih nyaman saat melakukan perjalanan jauh selanjutnya, termasuk saat Mom dan ayah membawanya mudik. 

Siapkan Hiburan yang Sesuai

Bawa mainan, buku, atau gadget yang sesuai dengan usia anak untuk menghibur mereka selama perjalanan. Mom juga bisa membawa peralatan untuk bermain game atau menonton film. Namun ingat, pastikan untuk membatasi waktu menatap layar selama di perjalanan. Terlalu berlebih menatap layar gadget atau sejenis, ini bisa berdampak buruk bagi anak.

Sediakan Camilan dan Makanan Favorit Anak

Bawa camilan dan makanan favorit anak untuk menghindari kelaparan atau kehausan selama perjalanan. Mom juga bisa membawa bekal makanan dari rumah, untuk memastikan bahwa anak mendapatkan makanan yang sehat dan sesuai dengan selera mereka. Adanya makanan merupakan hal yang cukup penting dalam perjalanan panjang dan jauh. 

Istirahat Cukup

Berhentilah secara teratur untuk istirahat selama perjalanan. Terutama jika perjalanan yang Mom lakukan bersama buah hati cukup panjang. Biarkan anak bergerak dan bermain sebentar di tempat istirahat. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kebosanan dan ketegangan selama di perjalanan.

Kenali Kebutuhan Anak

Perhatikan kebutuhan dan kenyamanan anak selama perjalanan. Pastikan juga mereka merasa nyaman dengan pakaian yang mereka kenakan. Pilih pakaian yang nyaman, tidak gerah atau sebaliknya. Usahakan untuk memberikan perhatian ekstra jika mereka mulai rewel atau merasa tidak nyaman. 

Jaga Kebersihan dan Kesehatan

Selalu bawa perlengkapan kebersihan seperti tisu basah, hand sanitizer, dan masker. Pastikan untuk menjaga kebersihan anak dan lingkungan sekitar mereka, terutama dalam situasi yang tidak terduga. Alat kebersihan sederhana ini merupakan hal yang cukup penting dan tak boleh dilalaikan selama melakukan perjalanan.

Berikan Pujian dan Dorongan

Berikan pujian kepada anak ketika mereka bersikap baik atau tenang selama perjalanan. Dorong mereka dengan kata-kata positif. Bila perlu, berikan hadiah kecil untuk memotivasi dan membuatnya lebih bahagia dengan perjalanan panjang yang dilakukannya. 

Berkomunikasi dengan Anak

Ajak anak berkomunikasi selama perjalanan. Bertanya tentang perasaan mereka, berbicara tentang tujuan perjalanan, atau berbagi cerita menyenangkan. Hal ini bisa membantu menjaga semangat anak selama perjalanan. Beri tahu juga anak tentang kanan kiri selama perjalanan. 

Dengan mengikuti tips di atas, mudik bersama anak kecil bisa menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan dan berkesan bagi seluruh keluarga. Tips di atas sebenarnya tak hanya berlaku saat mudik tapi juga saat melakukan berbagai perjalanan panjang dan jauh lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mudik untuk menyambut datangnya Lebaran. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading