Sukses

Relationship

7 Alasan yang Jadi Penyebab Rusaknya Persahabatan

Fimela.com, Jakarta Persahabatan juga merupakan suatu hubungan yang harus dijaga selayaknya hubungan cinta maupun keluarga. Dalam persahabatan, kita juga bisa mengalami pasang surut. Sahabat bukan hanya orang-orang yang berbagi kebahagiaan bersama kita, tapi juga kesedihan. Ada kalanya kita bertengkar dan mengalami masalah yang bisa merusak persahabatan. Meski tampak sepele, ternyata ini sekian hal sepele yang bisa merusak persahabatan.

1. Suka berbohong

Meski pada awalnya tidak bermasalah, apalagi jika kebohongannya hanya kebohongan kecil dan "tidak membahayakan", namun lama-kelamaan kebohongan itu bisa besar dan membahayakan keutuhan persahabatan. Pertama, kamu mungkin khawatir apakah kata-katanya bisa dipercaya, apalagi jika ia mengetahui banyak rahasiamu dan kamu sering curhat padanya. Kedua, apakah kebohongan itu bisa dimaafkan?

2. Sama-sama sibuk

Seringkali hubungan sahabat bisa renggang karena sama-sama sibuk, pada akhirnya karena jarang berkomunikasi dan bertemu kalian menjadi ketinggalan update kehidupan satu sama lain. Akibatnya, kamu dan sahabat tidak tahu lagi apa yang harus dibicarakan saat bertemu. Sesekali tanyakan kabar atau saling mengunjungi agar persahabatan tidak pecah.

3. Punya teman baru

Seringkali punya teman-teman baru, di lingkungan baru dan kepribadian baru akan memberikan banyak perubahan terhadap sikap dalam persahabatan. Kalian menjalani kehidupan masing-masing dan teman lama seakan mulai tergeser posisinya dengan teman-teman baru yang lebih sering bertemu dan berinteraksi.

4. Beda status sosial dan kondisi hidup

Seringkali ketika kehidupan kita sudah memiliki jalan berbeda dengan sahabat, ada kemungkinan besar topik-topik pembicaraan yang kita bahas akan berbeda. Bisa jadi kamu sudah berkeluarga dan ia masih lajang. Ia mengalami kenaikan status sosial, dan kamu tetap sama dalam beberapa tahun ini. Karena perbedaan di sana sini itulah, komunikasi jadi canggung dan sulit menemukan kesamaan lagi.

5. Membicarakan keburukan sahabat

Mengeluh atau merasa jengkel adalah hal normal yang di miliki manusia. Tapi hal ini sangat berpengaruh dalam persahabatan jika kalian mulai membicarakan satu sama lain di belakang. Jika ketahuan, pasti hati akan merasa tersakiti. Sebaiknya jika punya masalah dengan sahabat, selesaikanlah secara lansung dengan dia. Bicarakan berdua, jangan saling menuding dan membuka aib di belakang punggung.

6. Mencintai pria yang sama

Urusan persahabatan dan percintaan terkadang tak bisa disatukan, salah satu kasusnya adalah ketika kalian menyukai pria yang sama. Daripada mengutamakan persahabatan, kalian justru mengorbankannya demi mengejar cinta. Tidak jarang, ada salah paham dan pengkhianatan dalam persahabatan karena masalah cinta. Jika sudah saling "menikung", bisa hancur persahabatan yang sudah terjalin.

7. Kecemburuan pribadi

Terkadang sahabat akan memiliki kecemburuan dan rasa iri hati atas capaian atau keberhasilanmu, atau sebaliknya. Ini adalah salah satu hal yang dapat merusak persahabatan. Kalian saling membandingkan diri, mengabaikan perasaan satu sama lain dan bahkan dengan gamblang, merendahkan satu sama lain hanya karena perbedaan yang kalian miliki dengan didasari kecemburuan.

Solusi terbaik jika ingin menjaga persahabatan adalah harus bisa menjaga komunikasi, saling memahami dan memiliki empati. Bagaimana pun setiap orang memiliki pemikirannya sendiri, kalian perlu menghargai perbedaan itu.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading