Sukses

Relationship

Tips Merencanakan Pernikahan Minim Budget di Bawah Rp 20 Juta, Siapa Bilang Nggak Bisa?

Fimela.com, Jakarta Banyak yang menunda pernikahan karena berbagai hal. Selain merasa mental yang belum siap, soal finansial juga nggak ketinggalan jadi perhitungan. Sebagian dari kamu mungkin ada juga yang sedang menabung bertahun-tahun demi bisa menghadirkan pesta pernikahan yang jadi impian.

Tapi, pesta pernikahan nggak harus selalu membuang budget hingga ratusan juta kok. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini di mana sebaiknya menjaga diri untuk membuat acara yang tidak menimbulkan kerumunan banyak orang. Merencanakan pernikahan sederhana di tengah pandemi juga bisa dilakukan, lho. Hanya dengan budget di bawah Rp 20 juta, kamu bisa merencanakan pesta pernikahan sakral yang memorable. Begini rumusnya!

Undangan Terbatas

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mewujudkan pernikahan minim budget adalah dengan membatasi undangan. Beri Batasan berapa maksimal yang akan hadir dalam pernikahan. Setelah itu, kerucutkan list undangan hanya terbatas pada keluarga dan teman terdekat saja yang akan menjadi saksi momen istimewa tersebut.

Cari Venue yang Menawarkan Paket All In One

Membuat pesta pernikahan di rumah sendiri memang bisa jadi salah satu cara untuk menghemat budget. Namun, jika kondisi di rumah tidak memungkinkan untuk menggelar acara, cari venue yang menawarkan paket all in one bisa jadi jalan terbaik.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak restoran dan hotel yang menawarkan paket pernikahan sederhana dengan harga yang cukup ramah di kantong. Biasanya dibanderol dengan kisaran dana Rp 5 – 10 juta, kamu bisa mendapatkan sewa venue untuk 3-4 jam, buffet untuk 30pax yang bisa ditambah dengan charge tertentu, hingga dekorasi sederhana. Kalau beruntung, kamu juga bisa mendapatkan dokumentasi dalam satu paket tersebut, lho.

Baju Pernikahan, Jahit Sendiri, Beli, atau Sewa?

Salah satu yang sering membuat galau adalah soal baju pernikahan. Sebaiknya sewa atau jahit sendiri sih? Karena banyak yang menganggap hanya bisa dipakai sekali, banyak yang memilih untuk sewa saja. Namun, jangan kaget jika beberapa vendor menawarkan paket sewa baju pengantin yang cukup fantastis, terutama jika ingin menggunakan adat tradisional.

Jika bisa menemukan harga sewa yang lebih ekonomis, sewa baju pengantin bisa lebih menarik. Alternatif lain adalah dengan jahit sendiri. Tinggal mencari kain yang sesuai budget lalu bawa ke penjahit langganan. Namun, jika waktunya terlalu mepet untuk jahit sendiri, kamu bisa mencoba untuk beli juga. Di beberapa e-commerce, set kebaya perempuan dibanderol dengan harga mulai dari Rp 500ribu. Begitu pun dengan setelan jas pria yang juga bisa ditemukan dengan harga mulai dari Rp 500ribu.

Makeup Pengantin On Budget

Melihat postingan hasil makeup dari makeup artist alias MUA favorit di media sosial memang sering bikin kagum. Diam-diam kamu mungkin juga ingin tampil cantik seperti itu saat momen bahagia itu tiba. Namun, jasa makeup professional kadang menawarkan harga yang di luar budget dan bikin harus berpikir dua kali.

Demi pernikahan yang tetap sesuai dengan rencana budget awal, mungkin kamu bisa mulai mengandalkan koneksi. Misalnya jika ada saudara atau teman yang memang jago makeup, bisa banget mengandalkan jasanya untuk makeup di hari istimewa. Bisa juga mencari MUA rekomendasi dari teman atau saudara yang menawarkan harga lebih miring.

Merencanakan pernikahan sederhana dengan budget minim bukan tidak mungkin dilakukan, lho. Budget aman, kamu pun bisa tetap happy menyambut hari bahagia tiba.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading