Sukses

Relationship

5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Luka Patah Hati Tak Kunjung Sembuh

Fimela.com, Jakarta Patah hati tak pernah membuat kita baik-baik saja. Selalu butuh waktu, energi, dan perjuangan yang bisa cukup panjang bagi seseorang untuk bisa sembuh dan benar-benar pulih dari luka patah hati. Kadang kita sudah merasa telah melakukan berbagai macam cara, tapi luka patah hati tak kunjung sembuh.

Lalu, apa yang harus dilakukan? Walau mungkin prosesnya bisa sangat rumit bagimu, tapi ada beberapa hal yang bisa dicoba untuk setidaknya membuat hatimu terasa lebih lapang. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menenangkan diri ketika luka patah hati tak kunjung sembuh.

1. Terima Perasaanmu Seutuhnya dan Seluruhnya

The best way to get rid of the pain is to feel the pain. And when you feel the pain and go beyond it, you’ll see there’s a very intense love that is wanting to awaken itself.- Deepak Chopra

Peluk kembali dirimu. Tepuk-tepuk perlahan bahumu. Untuk dirimu yang sudah berjuang dan bisa bertahan hingga detik ini, ucapkan terima kasih. Berterima kasihlah pada dirimu dan hatimu yang sudah kuat dan tegar hingga saat ini. Meski sekarang masih merasakan luka, kemampuanmu untuk bisa bertahan hingga sekarang sudah merupakan pencapaian besar.

2. Hadirkan Senyuman di Wajahmu

It doesn’t matter how slow you go, as long as you don’t stop.- Confucius

Mungkin kamu butuh waktu lebih lama untuk menyembuhkan dan memulihkan diri. Tak apa. Yang penting kamu masih terus mencoba untuk menyembuhkan luka itu. Hadirkan lagi senyuman di wajahmu. Setidaknya hadirkan seulas senyuman yang ditujukan untuk dirimu sendiri yang sudah berjuang keras melakukan yang terbaik hingga masih bertahan hingga kini.

3. Lakukan Sesuatu yang Menyenangkan

In three words I can sum up everything I’ve learned about life. It goes on.- Robert Frost

Hidup terus berjalan. Waktu terus berputar. Kalau kamu merasa makin sedih atau tertekan saat tak melakukan apa-apa, maka kini cobalah untuk melakukan sesuatu yang membuatmu bahagia. Lakukan hal yang bisa mengalirkan perasaan aman dan nyaman dalam dirimu. Setidaknya dengan meluangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang kamu suka, kamu bisa memiliki energi yang lebih banyak untuk kembali melangkah ke depan.

4. Ciptakan Harapan Baru

When things are bad, we take comfort in the thought that they could always get worse. And when they are, we find hope in the thought that things are so bad they have to get better.- Malcolm S. Forbes

Yang berlalu sudah berlalu. Semua yang terjadi di masa lalu mungkin tak bisa kamu perbaiki. Hati yang patah mungkin tidak akan lagi sama seperti semula. Namun, kamu masih punya peluang dan kesempatan untuk membuat harapan baru. Harapan baru yang membuatmu kembali termotivasi untuk merangkah jalan hidup  yang lebih baik lagi ke depannya.

5. Izinkan Dirimu untuk Mencoba Lagi

Courage doesn’t always roar. Sometimes courage is the quiet voice at the end of the day, saying, “I will try again tomorrow."- Mary Anne Radmacher

Izinkan dirimu untuk mencoba lagi. Mencoba untuk kembali memaafkan. Mencoba untuk melangkah, meski hanya satu langkah ke depan. Mencoba untuk menghapus air mata yang sudah lama mengalir. Mencoba lagi untuk berdamai dengan kenyataan yang ada. Memang butuh waktu dan proses, tapi yakinlah kamu pasti akan menemukan kebaikan dan kebahagiaanmu yang baru.

Kalau kamu merasa kesedihanmu berlangsung terlalu lama dan berlarut-larut, tak ada salahnya untuk mencari bantuan profesional, ya. Semoga apa pun yang sedang kamu hadapi saat ini bisa segera menghadirkan titik cerah di depan.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading