Sukses

Relationship

4 Tanda Pacarmu Terlalu Posesif, Membuatmu Jauh dari Teman dan Keluarga

Fimela.com, Jakarta Sikap posesif tidak selalu memikat atau menarik, seperti yang dipikirkan banyak orang. Saat cemburu, pasanganmu bisa menjadi terlalu negatif saat batasan dilanggar. Menjadi posesif berarti mereka mengendalikan, manipulatif, dan sangat tidak aman tentang pasangannya. Jika berlanjut lebih jauh ke dalam hubungan, itu dapat menyebabkan pelecehan emosional. Berikut adalah beberapa tanda mencolok bahwa pasanganmu sangat posesif terhadap dirimu.

1. Cemburu berlebihan

Cemburu adalah hal yang wajar dalam hubungan, cemburu pada batas tertentu juga sebenarnya dibutuhkan agar pasangan merasa saling memiliki dan bisa menjaga komitmen. Akan tetapi, jika sudah pada level berlebihan, misalnya jika seseorang meminta pasangan untuk memutuskan hubungan dengan seseorang karena alasan cemburu, sikap seperti ini lama-lama akan menjauhkanmu dari lingkungan sosial.

2. Melanggar Privasi

Untuk lebih jauh lagi seorang yang cemburu berlebihan atau posesif bisa melakukan tindakan yang melanggar privasi, misalnya seperti selalu memeriksa handphone dan sosial media atau mengambil alih akun pasangan dan mengendalikannya. Mereka juga bisa dengan bebas menggunakan media sosial pasangan untuk membalas pesan orang lain atau mengunduh hal-hal yang mereka hendaki, bahkan jika hal tersebut membuat pasangan merasa tak nyaman dan tidak senang.

3. Membatasi Pasangan untuk Bersosialisasi

Biasanya seseorang akan saling mengenalkan orang-orang terdekat mereka pada pasangan, misalnya seperti teman dan keluarga. Karena orang yang dianggap penting oleh pasangan juga bisa dianggap penting oleh pasangan yang lain. Akan tetapi, jika pasangan mulai membatasi interaksimu dengan keluarga atau sahabat mereka, ini bukanlah sebuah tanda yang baik.

4. Melarangmu Bertemu Orang Lain

Terkadang kecemburuan berlebihan bisa membuat seseorang bersikap sangat protektif pada pasangan, termasuk melarang mereka bertemu dengan orang lain, bahkan jika itu teman dekat dan keluarga. Kadang kecemburuan memang bisa membutakan seseorang sehingga bertindak demikian.

Jika kamu terus berada dalam hubungan dengan orang yang posesif, ini akan membuatmu tidak bahagia. Bahkan bisa jadi hubunganmu terlalu toxic.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Tanda Hubungan Tidak Sehat, Ini 5 Cara Menghadapi Pasangan yang Terlalu Posesif dan Cemburuan
Artikel Selanjutnya
Waspada! Kenali 4 Ciri-Ciri Pacar Posesif